PENGARUH AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUAL MAHASISWA PAI ANGKATAN 2016 UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Yulia, Eka (2021) PENGARUH AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUAL MAHASISWA PAI ANGKATAN 2016 UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui aktivitas menghafal AlQur’an mahasiswa PAI Angkatan 2016 UIN Raden Fatah Palembang, (2) Untuk mengetahui kecerdasan intelektual mahasiswa PAI Angkatan 2016 UIN Raden Fatah Palembang, (3) Untuk mengetahui pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan intelektual mahasiswa PAI Angkatan 2016 UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif yakni penelitian yang berguna untuk menguji suatu teori dengan cara meneliti hubungan antarvariabelnya yang datanya dijelaskan secara statistik berupa angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran, observasi, wawancara, dokumentasi, dan instrumen penelitian berupa angket. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji-t dan uji hipotesis. Hasil penelitian menyatakan bahwa adanya pengaruh aktivitas menghafal AlQur’an terhadap kecerdasan intelektual mahasiswa PAI angkatan 2016 UIN Raden Fatah Palembang. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan uji statistik yang didapat P value (signifikan) = 0,000<0,05. Dengan demikian dapat juga dikatakan bahwa aktivitas menghafal Al-Qur’an (x) berpengaruh terhadap kecerdasan intelektual mahasiswa (y) sehingga persamaan regresinya yaitu y = 39,570 + 0,437 X. Kata Kunci: Aktivitas, Menghafal Al-Qur’an, dan Kecerdasan Intelektual.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Kecerdasan Intelektual
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:09
Last Modified: 14 Dec 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18767

Actions (login required)

View Item View Item