SULASTRI, SULASTRI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATERI MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN 77 PRABUMULIH SUMSEL. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
1.pdf Download (208kB) |
|
Text
2.pdf Download (169kB) |
|
Text
3.pdf Download (162kB) |
|
Text
4.pdf Download (638kB) |
|
Text
5.pdf Download (11kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (84kB) |
|
Text
dpustaka.pdf Download (85kB) |
|
Text
kover.pdf Download (360kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Merancang produk berupa media pembelajaran puzzle pada materi membaca permulaan, (2) Menghasilkan media pembelajaran puzzle pada materi membaca permulaan siswa kelas 1 yang valid, (3) Menghasilkan media pembelajaran puzzle pada materi membaca permulaan siswa kelas 1 yang praktis dan efektif, metode yang digunakan adalah metode pengembangan R&D dengan model pengembangan tessmer yang terdiri dari 2 tahap yaitu: tahap preliminary dan tahap prototyping yang menggunakan alur formatif evaluation. Pada tahap preliminary terdiri dari tahap persiapan (analisis) dan pendesainan sedangkan tahap prototype dengan alur formatif evaluation yang meliputi self evaluation, expert review, one toone, small group dan field test. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas 1 SDN 77 Prabumulih Sumsel dengan menggunakan sampel jenuh dimana sampelnya adalah seluruh subjek yang diteliti yaitu sebanyak 25 peserta didik. Maka dari itu dapat diambil kesimpulan: (1) Pendesainan media pembelajaran puzzle pada materi membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 77 Prabumulih Sumsel dapat digunakan untuk diuji validitasnya dilihat dari penilaian pada tahap self evaluation, (2) Menghasilkan media pembelajaran puzzle pada materi membaca permulaan yang valid dilihat dari angket kevalidan ahli desain diperoleh rata-rata skor 92, validasi ahli materi diperoleh ratarata skor 98, dan validasi ahli bahasa diperoleh rata-rata skor 95, (3) Menghasilkan media pembelajaran puzzle pada materi membaca permulaan yang praktis dan efektif dilihat dari hasil angket responden peserta didik dengan rata-rata skor 98, dan efektif dilihat dari hasil pre-test dan post test responden peserta didik dengan rata-rata skor pre-test 54 sedangkan rata-rata skor post test 89. Kata Kunci: Media Pembelajaran Puzzle, Bahasa Indonesia, Membaca Permulaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 05:10 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 05:10 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18895 |
Actions (login required)
View Item |