INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA REMAJA MELALUI KEGIATAN MAJELIS LASKAR PECINTA RASULULLAH (PCR) DI DESA PEMULUTAN ULU

Luthfiyani, Anis (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA REMAJA MELALUI KEGIATAN MAJELIS LASKAR PECINTA RASULULLAH (PCR) DI DESA PEMULUTAN ULU. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
ANIS LUTHFIYANI (1720202056)- BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
ANIS LUTHFIYANI (1720202056)- BAB V.pdf

Download (110kB)

Abstract

Internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam dapat dilakukan melalui proses pendidikan, salah satunya pendidikan non formal yang dilaksanakan dimasyarakat seperti majelis taklim. Salah satu contoh majelis taklim yang ada di kecamatan Pemulutan adalah Majelis Laskar Pecinta Rasulullah (PCR). Majelis Laskar Pecinta Rasulullah (PCR) memiliki tujuan khusus yaitu mengajak remaja yang biasanya menghabiskan waktu diluar yang kurang bermanfaat supaya mengikuti majelis agar waktu yang dimiliki terisi oleh hal yang lebih positif. Dengan mengikuti majelis maka remaja tersebut akan memperoleh pengetahuan tentang ajaran agama Islam, yang kemudian dapat di internalisasikan atau ditanamkan dalam dirinya sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada remaja melalui kegiatan majelis laskar pecinta Rasulullah (PCR) di desa Pemulutan Ulu serta apa saja faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada remaja melalui kegiatan majelis laskar pecinta Rasulullah (PCR) di desa Pemulutan Ulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau disebut dengan field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam internalisasi nilai-nilai pendidikana agama Islam pada remaja melalui kegiatan majelis Laskar Pecinta Rasulullah (PCR) didesa pemulutan ulu ini telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini terlihat dari banyaknya kegiatan yang di adakan oleh majelis yang bermanfaat bagi semua anggota dan jama’ah terlebih bagi remaja serta banyaknya perubahan yang dialami oleh remaja setalah menerapkan nilai yang didapat dari berbagai kegiatan tersebut. Proses internalisasi nilai yang dilakukan remaja mendapatkan dukungan dan hambatan dari berbagai faktor yang meliputi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Pendidikan Agama Islam, Majelis Laskar Pecinta Rasulullah (PCR).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam Majelis Laskar Pecinta Rasulullah (PCR)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:58
Last Modified: 11 Jan 2022 03:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18964

Actions (login required)

View Item View Item