PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG UNTUK MELATIH KONSENTRASI ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK (STUDI DI TK AL-HIDAYAH (SUNGAI BUNGIN)

Utari, Wiwis (2021) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG UNTUK MELATIH KONSENTRASI ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK (STUDI DI TK AL-HIDAYAH (SUNGAI BUNGIN). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
6_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengembangan alat permainan tradisional egrang untuk melatih konsentrasi anak kelompok b di taman kanak-kanak (studi di tk al-hidayah desa sungai bungin). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana validitas alat permainan tradisional egrang dapat melatih konsentrasi anak kelompok B Paud Al- Hidayah Desa Sungai bungin. 2) Bagaimana kepraktisan alat permainan tradisional egrang dapat melatih konsentrasi anak kelompok B Paud Al- Hidayah Desa Sungai bungin. 3) Bagaimana efektifitas alat permainan tradisional egrang dapat melatih konstrasi anak kelompok B Paud Al- Hidayah Desa Sungai bungin. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui validitas hasil penelitian dari alat permainan tradisional egrang apakah dapat melatih konsentrasi anak kelompok B Paud Al-Hidayah Desa Sungai Bungin, 2) untuk mengetahui hasil penelitian dari kepraktisan alat permainan tradisional egrang dapat melatih konsentrasi anak kelompok B Paud Al-Hidayah Desa Sungai Bungin, 3) untuk mengetahui hasil penelitian dari efektifitas alat permainan tradisional egrang dapat melatih konsentrasi anak kelompok B Paud Al-Hidayah Desa Sungai Bungin. Penelitian ini merupakan model pendekatan jenis Research and Development (RnD). data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Al- Hidayah desa Sungai bungin. 2) Sampel yang diambil adalah bagian dari jumlah dan krakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Sampel yang diambil dari populasi harus betul-betul representative (mewakili). Dari populasi yang peneliti ambil berjumlah 18 anak, maka peneliti mengambil 8 anak kelompok B1 yang terdaftar pada tahun 2021. 3) Teknik Pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah walkthrough. setelah data terkumpul maka peneliti melakukan analisis dengan menggunakan analisis data walktrought dan analisis data observasi. Berdasarkan uji validitas alat permainan tradisional egrang bahwa hasil validator dengan nilai tertinggi, a) ahli desain dengan nilai 92,5 %, b) ahli media dengan 87,5 %. Sedangkan nilai terendah c) ahli materi dengan nilai 74,28 %. Dan berdasarkan uji kepraktisan alat permainan tradisional egrang batok bahwa hasil kepraktiksan dengan nilai tertinggi adalah subjek 2 (Khairah) dengan nilai 92,4 dan subjek 3 (Kendra) dengan nilai 88. Sedangkan nilai terendah adalah subjek 1 (Dirga) dengan nilai 77. Dengan demikian, Berdasarkan uji kepraktisan media permainan egrang batok bahwa hasil keefektifan nilai tertinggi adalah kendra dengan nilai 90, Sedangkan Dirga dan Khairah dengan nilai yang sama yaitu 80. Dari perhitungan yang dilaksanakan nilai akhir belajar peserta didik mendapatkan jumlah 250 dan rata-rata 83,33. Analisis keefektifan menunjukkan bahwa alat permainan tradisional egrang sudah efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Konsentrasi, permainan tradisonal egrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi permainan tradisonal egrang.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:21
Last Modified: 12 Jan 2022 04:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18999

Actions (login required)

View Item View Item