Marlia, Ewin (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN LITERASI AL-QUR’AN PADA SISWA DI MTS MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
2. BAB I EWIN MARLIA.pdf Download (333kB) |
|
Text
6. BAB V EWIN MARLIA.pdf Download (151kB) |
Abstract
Membaca merupakan perintah yang sangat berharga yang diberikan Allah Swt kepada umat manusia dan ayat yang pertama kali diturumkan Allah Swt yaitu perintah membaca.Namun kemajuan teknologiinformasi sekarang ini dimanfaatkan oleh sejumlah siswa untuk mendapatkan informasi yang mereka cari melalui internet, hal ini menyebabkan rendahnya tingkat literasi.Dengan demikian perlu adanya bimbingan seorang guru, sebagaimana guru merupakan salah satu jendela dunia memiliki peran penting dalam peningkatan kemampuan siswa khususnya kemampuan literasi Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dimana sumber data yang digunakan yaitu sumber data sekunder yang diperoleh dari dokumen atau arsip sekolah, sedangkan sumber data primer diperoleh alangsung dari para informan yaitu guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekoalh, petugas perpustakaan dan siswa. Dalam pengumpuln data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan tahapan notice thing, collect thing, think about things. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu; pertama, literasia Al-Qur’an siswa di MTs Muhammadiyah 1 palembang sudah cukup baik yang ditandai dengan siswa telah membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai tajwid, siswa telah menghapal Al-Qur’an terutama pa juz 30, siswa telah mengamalkan makna yang terkandungan dalam Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari seperti mengerjakan shalat zuhur berjamaah, tadarusan, memimpin temannya dalam membaca Al-Qur’an, dan berkata sopan kepada guru. Kedua, peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan literasi Al-Qur’an siswa yakni guru berperan sebagai inspirator (teladan), motivator, fasilitator, pembimbing, evaluator (pengawas).Ketiga, faktor pendukung yang mempengaruhi literasi Al-Qur’an siswa yaitu adanya guru yang kompeten dalam bidang literasi Al-Qur’an, dan sarana prasarana sekolah yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yang mempengaruhi literasi AlQur’an siswa yakni, siswa yang mempunyai latar pendidikan sekolah umum, Kurangnya kerja sama guru dan keluarga.serta kualitas dan kuantitas waktu pelaksanaan literasi Al-Qur’an yang kurang efektif . Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Literasi Al-Qur’an, Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam Literasi Al-Qur’an Siswa |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 06:43 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 06:43 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19050 |
Actions (login required)
View Item |