ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERTIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Putri, Meinita Eka (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERTIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (173kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (16MB)

Abstract

Lemahnya kemampuan siswa dalam mengembangkan daya nalarnya pada penyelesaian masalah matematis terkhusus pada soal-soal HOTS menyebabkan siswa kesulitan serta banyak mengalami kesalahan saat menyelesaikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek diambil dari kelas VIII B KMI & VIII C KMI Pondok Modern Daarul Abroor Banyuasin sejumlah 6 orang yang dipilih berdasarkan hasil analisis nilai semester sebelumnya untuk mengetahui tingkat pengetahuan awal matematis masing-masing dengan metode purposive sampling. Prosedur penelitian menggunakan zarkasyi yang terbagi menjadi 4 tahap yaitu, Pesiapan, Pelaksanaan, Analisis data, Penarikan kesimpulan. Teknik Pengumpulan data berupa soal tes, wawancara serta dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen berupa (1) Analisis nilai semsester siswa sebelumnya, (2) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan prosedur Newman, (3) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dilihat dari pengetahuan awal matematis siswa, (4) Analisis hasil wawancara untuk mengetahui letak kesalahan siswa. Hasil analisis data berdasarkan prosedur Newman yang didapat adalah kesalahan membaca 0%, kesalahan memahami masalah 29,2%, kesalahan transformasi 37,5%, kesalahan keterampilan proses74,2%, kesalahan kesimpulan 61%. Ditinjau dari tingkat pengetahuan awal matematisnya, Siswa dengan pengetahuan awal matematis tinggi dari 5 soal yang diberikan melakukan kesalahan sebesar 16%, siswa pengetahuan awal matematis sedang melakukan kesalahan sebanyak 41%, dan siswa dengan pengetahuan awal matematis rendah melakukan kesalahan sebesar 83%. Hasil analisis wawancara menunjukkan faktor penyebab kesalahan siswa adalah kurangnya minat belajar, ketidaktelitian siswa, kurangnya skill menyelesaikan soal HOTS, tidak faham dalam mengoprasikan perhitungan dan tidak fahamnya konsep. Kata Kunci. Analisis Kesalahan, HOTS, Pengetahuan awal matematis, Prosedur Newman

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan HOTS Pengetahuan awal matematis Prosedur Newman
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:42
Last Modified: 18 Jan 2022 04:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19103

Actions (login required)

View Item View Item