SAPUTRO, WANDA JULIAN (2020) TRATEGI MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DI MTS PARADIGMA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
Bab I Wanda.pdf Download (82kB) |
|
Text
Bab V dan Dapus Wanda.pdf Download (28kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang “Strategi Manajemen Konflik Dalam Menyelesaikan Masalah Di MTs Paradigma Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena mempersatukan pola pikir dalam suatu lembaga pendidikan tidak semudah membalikan telapak tangan. Kedua, kurangnya tingkat kemampuan stakehorder dalam mengontrol emosi. Hal ini terjadi karena mereka beranggapan bahwa apa yang mereka ungkapkan itu adalah sebuah kebenaran dalam memajukan lembaga pendidikan. Stakehorder memiliki presepsi yang berbeda dalam menyikapi suatu permasalahan di lembaga pendidikan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen konflik dalam menyelesaikan masalah di MTs Paradigma Palembang, faktor penghambat dan pendukung strategi manajemen konflik dalam menyelesaikan masalah di MTs Paradigma Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekakatannya melalui deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan dan Siswa. Sumber data yang digunakan yaitu data primer adalah Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan dan Siswa. Sedangkan sumber data skunder adalah buku-buku dan dokumentasi sekolah yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Strategi manajemen konflik dalam menyelesaikan masalah di MTs Paradigma Palembang sudah berjalan dengan baik. Pada tahap perencanaan, hal yang dilakukan oleh Kepala Madrasah ialah membangun komunikasi kepada semua pihak madrasah. Pada tahap pengorganisasian dalam manajemen konflik ini sudah berjalan dengan baik. Hal yang dilakukan oleh Kepala Madrasah adalah mengatasi konflik itu secara sendiri. Pada tahap pelaksanaan, sudah berjalan dengan baik. Hal yang dilakukan oleh Kepala Madrasah adalah dengan melakukan kerja sama yang baik kepada semua pihak sekolah untuk menyelesaikan masalah yang ada di MTs Paradigma Palembang. Pada tahap evaluasi, sudah berjalan dengan baik. Hal yang dilakukan oleh Kepala Madrasah adalah bekerja sama dengan beberapa pihak seperti wali kelas, wali murid dan juga pihak keamanan. Faktor pendukung strategi manajmen konflik di MTs Paradigma Palembang adalah komunikasi yang bagus dan adanya monitoring serta evaluasi mingguan yang teratur dan berkelanjutan, serta pembagian tugas yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing unit atau bagian di MTs Paradigma Palembang . Sedangkan faktor penghambatnya adalah human eror (kesalahan pada pihak madrasah), pihak-pihak yang berkonflik kurang kooperatif dan kurangnya kerja sama antar unit sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 04:44 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 04:44 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19107 |
Actions (login required)
View Item |