Internalisasi Nilai Karakter Jujur dan Tanggung Jawab Peserta didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Aisyiyah Palembang

ZULFI, ACHMAD (2021) Internalisasi Nilai Karakter Jujur dan Tanggung Jawab Peserta didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Aisyiyah Palembang. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (452kB)
[img] Text
2.pdf

Download (594kB)
[img] Text
3.pdf

Download (150kB)
[img] Text
4.pdf

Download (458kB)
[img] Text
5.pdf

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (68kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran sangat penting menanamkan sebuah nilai kejujuran dan bertanggung jawab pada peserta didik, karena akan terbentuknya akhlak dan sikap yang baik pada diri peserta didik dan hal tersebut bergantung pada bagaimana proses pembelajaran dirancang dan dijalankan secara profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan dalam menginternalisasikan nilai karakter jujur dan tanggung jawab pada peserta didik. Mengetahui hasil dalam menginternalisasikan nilai karakter tersebut pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Aisyiyah Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Informan penelitian ini hanya berfokus pada peserta didik kelas XII Kimia Industri yang berjumlah 20 orang, terdiri dari tiga putra dan tujuh belas putri di SMK Aisyiyah Palembang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, cara guru PAI dalam menginformasikan nilai karakter jujur dan tanggung jawab sudah berjalan dengan lancar mendorong peserta didik agar senantiasa menerapkan nilai karakter jujur dan tanggung jawab sehingga terbentuknya karakter yang mencerminkan budi pekerti yang luhur. Kedua, proses dalam menginternalisasikan nilai karakter dan tanggung jawab telah berjalan dengan lancar dengan memberikan beberapa sikap dan perilaku yang baik pada peserta didik ialah memberikan contoh keteladanan yang baik dalam bersikap, tutur kata yang baik, sopan dan jujur, menepati janji, serta bertanggung jawab atas apa yang sudah menjadi tugasnya, peserta didik mengerjakan tugas kelompok, peserta didik tidak mencontek pada saat mengerjkan tugas individu maupun mengerjakan soal ujian, mengerjakan sesuatu tanpa disuruh terlebih dahulu, bergotong royong membersihkan lingkungan, senantiasa memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dan negara serta bertanggung jawab setiap tindakan yang dilakukan. Ketiga, hasil dari menginternalisasikan nilai kejujuran pada diri peserta didik terbentuknya akhlak, karakter, dan sikap yang baik serta senantiasa taat kepada perintah Allah dan Rasul-Nya. Pada nilai tanggung jawab akan tertanamnya nilainilai pada setiap tindakannya seperti, menepati janji, memberikan kesaksian dengan adil, bertindak sesuai apa yang dipikirkan, menyatakan sesuatu dengan apa adanya, tidak mencontek pada saat ujian, ikut andil dalam tugas kelompok, menyerahkan tugas tepat waktu, mengerjakan tugas sesuai petunjuk, mengerjakan berdasarkan hasil karya sendiri dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai, Karakter, Jujur, Tanggung Jawab
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > 86130 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:24
Last Modified: 17 Feb 2022 03:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19447

Actions (login required)

View Item View Item