PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN HIDUP ( STUDI KELOMPOK TANI MUDA SEPAKAT DESA TUNGGUL BUTE, KECAMATAN KOTA AGUNG, KABUPATEN LAHAT)

SERLI, HIJRA (2021) PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN HIDUP ( STUDI KELOMPOK TANI MUDA SEPAKAT DESA TUNGGUL BUTE, KECAMATAN KOTA AGUNG, KABUPATEN LAHAT). Undergraduate Thesis thesis, Pemberdayaan, Kelompok Tani, Meningkatkan Kesejahteraan Hidup dan Desa.

[img] Text
1.pdf

Download (142kB)
[img] Text
2.pdf

Download (206kB)
[img] Text
3.pdf

Download (168kB)
[img] Text
4.pdf

Download (330kB)
[img] Text
5.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (677kB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul “Pemberdayaan Kelompok Tani dalam Meningkatkan Kesejahteraan Hidup (Studi Kelompok Tani Muda Sepakat Desa Tunggul Bute Kecamatan Kota Agung Kabupaten lahat), tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan kelompok tani muda sepakat dalam meningkatkan kesejahteraan hidup di Desa Tunggul Bute Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, penulis melakukan wawancara dan meneliti langsung kegiatan pemberdayaan pada kelompok tani muda sepakat , pada tanggal 20 Mei sampai 19 Juni 2021. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori sistem teori AGIL Talcott Parson (1991). Hasil penelitian menunjukan Hasil dari kegiatan pemberdayaan adalah masyarakat terutama para anggota kelompok tani dan masyarakat sekitar memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memanfaatkan sumberdaya yang dimilikinya dalam meningkatkan kesejahteraannya. Di samping itu juga menciptakan masyarakat yang mandiri dalam menjalankan usaha pertanian nya, Dengan demikian para petani mampu untuk meningkatkan pendapatannya. Pemberdayaan yang telah di lakukan telah memberikan perubahan dalam pengetahuan dan keterampilan. Para anggota kelompok telah banyak tahu tentang usaha dalam pertaniannya, seperti dalam keterampilan kopi stek, pembuatan pupuk dari limbah kulit kopi, ternak ayam, ternak ikan, keterampilan pembuatan lemari kayu, dan tanaman multikultural.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Kelompok Tani, Meningkatkan Kesejahteraan Hidup dan Desa
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:07
Last Modified: 21 Feb 2022 02:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19490

Actions (login required)

View Item View Item