PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MURABAHAH TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM PADA KSUS BMT TRANS MEKAR SARI MANDIRI DI TANJUNG LAGO, BANYUASIN

FITRIA, AYU (2021) PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MURABAHAH TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM PADA KSUS BMT TRANS MEKAR SARI MANDIRI DI TANJUNG LAGO, BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dpustaka.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Kegiatan utama yang dilakukan dalam BMT adalah pengembangan usaha mikro dan usaha kecil, terutama mengenai bantuan permodalan. Untuk melancarkan usaha pembiayaan (financing) tersebut, BMT berupaya menghimpun dana sebanyak-banyaknya yang berasal dari masyarakat lokal di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Murabahah terhadap Perkembangan umkm pada KSUS BMT Trans Mekar Sari Mandiri di Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah KSUS BMT Trans Mekar Sari Mandiri yang melakukan pembiayaan mudharabah dan murabahah untuk usaha. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui data primer dengan penyebaran kuesioner. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Sampel Nonprobabilitas (Nonprobability Sampling), adapun tehnik penentuan sampel menggunakan penarikan Sampel Jenuh (Total Sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 41 responden. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan mudharabah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perkembangan umkm, dan pembiayaan murabahah secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan umkm. Sedangkan secara simultan pembiayaan mudharabah dan murabahah berpengaruh signifikan terhadap perkembangan umkm. Nilai koefisien determinan R Square menunjukkan nilai sebesar 0,422 atau 42,2%. Nilai tersebut menunjukkan variabel perkembangan umkm yang dijelaskan oleh pembiayaan mudharabah dan pembiayaan murabahah sebesar 42,2% sedangkan sisanya sebesar 57,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Murabahah dan Perkembangan UMKM
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:22
Last Modified: 24 Feb 2022 02:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19548

Actions (login required)

View Item View Item