STRATEGI POLITIK SUWITO DALAM MEMPEROLEH KEMENANGAN KEPALA DESA TAHUN 2018 DI DESA SIDO MULYO KECAMATAN TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

PRASETIA, PRASETIA (2022) STRATEGI POLITIK SUWITO DALAM MEMPEROLEH KEMENANGAN KEPALA DESA TAHUN 2018 DI DESA SIDO MULYO KECAMATAN TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
Prasetia(1810702008).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Politik Suwito dalam Memperoleh Kemenangan Kepala Desa Tahun 2018 di Desa Sido Mulyo Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin dengan rumusan masalah Bagaimana Strategi Politik suwito dalam Memperoleh Kemenangan Kepala Desa Tahun 2018 di Desa Sido Mulyo Kecamatan Tungkal Kabupaten Musi Banyuasin. Dengan terpilihnya bapak Suwito sebagai kepala desa Sido Mulyo pada tahun 2018 tidak terlepas dari strategi politik yang dilakukan, yakni dengan pemasaran politik yang dilakukan dengan 2 hal yakni Personal Branding dan Positioning. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui strategi politik yang dipakai, berdasarkan kemenangan yang diperoleh oleh pak Suwito dalam pemilihan Kepala Desa pada tahun 2018. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan serta literatur dalam bidang ilmu politik. Adapun metode yang penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data ialah melalui wawancara, serta didukung oleh dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini berjumlah 21 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori pemasaran politik dari Firmanzah dengan 2 hal yakni Personal Branding Dan Positioning. Hasil penelitian ini membahas strategi politik yang dilakukan oleh Suwito yakni Personal Branding seperti membaurkan diri bersama masyarakat, serta mempunyai pengalaman yang lebih dibidang birokrasi, serta strategi politik Positioning seperti menempatkan pak Suwito sebagai calon pemimpin yang baru siap mengabdi dengan tujuan membawa perubahan untuk desa Sido Mulyo. Berdasarkan apa saja yang sudah dipaparkan peneliti tertarik mengambil tema ini dikarenakan Suwito menggunakan cara cara yang membawa dirinya memenangkan pemilihan kepala desa dengan status petahana.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 24 May 2022 08:56
Last Modified: 24 May 2022 08:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20446

Actions (login required)

View Item View Item