PREFERENSI MAHASISWA PRODI ILMU POLITIK UIN RADEN FATAH PALEMBANG ANGKATAN 2017 DALAM MEMILIH SUMBER-SUMBER BERITA POLITIK DI MEDIA SOSIAL

Jepriansyah, Rinaldi (2022) PREFERENSI MAHASISWA PRODI ILMU POLITIK UIN RADEN FATAH PALEMBANG ANGKATAN 2017 DALAM MEMILIH SUMBER-SUMBER BERITA POLITIK DI MEDIA SOSIAL. Undergraduate Thesis thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
RINALDI JEFRIANSYAH (1730702084).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Memilih sumber-sumber berita politik dimedia sosial kebanyakan dilakukan oleh mahasiswa prodi ilmu politik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan meguraikan tentang bagaimana preferensi mahasiswa prodi ilmu politik uin raden fatah palembang dalam memilih sumber-sumber berita politik di media sosial dan efek yang ditimbulkan media sosial sebagai sarana mencari informasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Dengan artian, data yang diperoleh dari cara terjun langsung kelapangan dengan mengumpulkan data dan informasi melalui hasil tanya jawab yang dilakukan bersama informasi. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini antara lain mengenai Bagaimana Preferensi Mahasiswa Prodi Ilmu Politik Uin Raden Fatah Palembang angkatan 2017 Dalam Memilih Sumber-Sumber Berita Politik Di Media Sosial dan apa saja efek yang ditimbulkan media sosial sebagai sarana mencari. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori kegunaan dan kepuasan (uses and gratification theory) dari Halbert Blunner dan Eluhu Kats. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa media sosial mampu memberikan efek yang cukup berpengaruh dikehidupan orang-orang yang menggunakannya. Efek ini bisa menjadi efek kognitif yaitu efek dalam bentuk pengetahuan dalam mencari informasi berita politik, artinya sebelum terbentuknya suatu dampak terlebih dahulu terjadi proses informasi atau pengetahuan dari ungahan media sosial dan pengguna,yang selanjutnya efek afektif adalah efek yang terjadi apabia pengguna media sosial telah mendapatkan informasi kemudian mulai menentukan sikap menerima atau menolak informasi yang dipaparkan dan yang terakhir efek behavioral yaitu efek yang tertuang dalam bentuk perilaku, tindakan atau kegiatan.biasanya efek ini dapat bernilai positif maupun negative, tergantung dari pengguna media sosial itu sendiri. Efek ini menunjukan sikap kecenderungan atau kebiasaan terhadap penggunaan media sosial. Kata Kunci: Preferensi, Berita Politik, dan Media Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:10
Last Modified: 06 Jun 2022 04:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20571

Actions (login required)

View Item View Item