Novita, Dina (2022) STRATEGI KOMUNIKASI SIARAN TVRI SUMATERA SELATAN SEBAGAI TELEVISI PUBLIK. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
DINA NOVITA_1710701010.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Strategi Komunikasi adalah perpaduan dari sebuah perencanaan komunikasi dan manajemen komunikasi untuk mencapai suatu tujuan. Strategi Komunikasi berlangsung dengan adanya kesinambungan suatu teori yang berkaitan pada suatu proses perencanaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi siaran TVRI Sumatera Selatan sebagai Televisi Publik. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan beberapa teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan sejumlah temuan yang ada di lapangan bahwa strategi komunikasi siaran yang dilakukan oleh TVRI Sumatera Selatan yakni dengan membuat rancangan, menentukan target, dan pencapaian. Teori yang digunakan yakni teori tujuan komunikasi dimana berfokus dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan baru terhadap pemirsa atau penonton dari tayangan yang disajikan televisi sebagai komunikator. Terdapat tiga poin utama yang diterapkan TVRI Sumatera Selatan dalam menerapkan teori tujuan komunikasi pada strategi komunikasi siaran programnya diantaranya (1) Membuat Rancangan : merancang program siaran yang akan di produksi mulai dari jangka pendek, jangka menengah, bahkan jangka panjang, (2) Menentukan Target : mengelompokkan target berdasarkan segmentasi usia, jenis kelamin, status keluarga, dan agama, (3) Pencapaian : menyusun serta berkoordinasi bersama sehingga program siaran yang telah dirancang mencapai tujuannya begitupun sebaliknya, (4) Penyusunan Program Siaran : membagi jadwal tayang dengan menyesuaikan jadwal yang telah dibagi dari TVRI Nasional serta berdasarkan jenis program yaitu Artistik dan Jurnalistik, (5) Pengawasan Serta Evaluasi Program Siaran : mengetahui hasil dari rancangan sesuai dengan harapan atau memerlukan perbaikan. Sehingga dari hasil pengawasan serta evaluasi tersebut TVRI Sumatera Selatan dapat melihat hasil kerja sebelumnya yang akan menjadi tolak ukur kedepannya seperti melihat, menghitung jumlah, serta komposisi para audience (penonton). Kata kunci : Strategi Komunikasi,TVRI Sumatera Selatan, Tujuan Komunikasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 08:51 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 08:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20674 |
Actions (login required)
View Item |