HAMBATAN KOMUNIKASI PERKULIAHAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Dosen dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang)

EGITA, WINDA (2022) HAMBATAN KOMUNIKASI PERKULIAHAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Dosen dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
WINDA EGITA (1710701039).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sejak munculnya Covid-19 di Indonesia sistem pembelajaran seperti perkuliahan yang biasanya dilakukan tatap muka menjadi perkuliahan online, hal ini sudah menjadi keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditetapkan dalam Surat Edaran Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 pada tanggal 17 Maret 2020 tentang Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19, adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana hambatan komunikasi saat perkuliahan menggunakan aplikasi Zoom di masa pandemi Covid-19 dan apa solusinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan teori yang digunakan adalah teori Social Information Processing (SIP) dengan menggunakan empat hambatan komunikasi menurut Einsenberg yaitu, hambatan proses, hambatan fisik, hambatan semantik, dan hambatan psikososial. Adapun hambatan yang seringkali dialami selama perkuliahan online diantaranya kesulitan mengakses sinyal atau jaringan internet, bagi dosen kurangnya kemampuan untuk memonitoring secara langsung, kurangnya motivasi diri saat perkuliahan online, serta menurunnya kemampuan komunikasi. Kata Kunci: Hambatan Komunikasi, Daring, Zoom, Computer Mediated Communication, Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:51
Last Modified: 20 Jun 2022 08:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20698

Actions (login required)

View Item View Item