KOMUNIKASI BUDAYA TRADISI PERNIKAHAN BEGUBALAN (Studi Fenomena pada Masyarakat Desa Belimbing Jaya Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim)

AFLIADITRA, RIVALDO (2022) KOMUNIKASI BUDAYA TRADISI PERNIKAHAN BEGUBALAN (Studi Fenomena pada Masyarakat Desa Belimbing Jaya Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI_RIVALDO AFLIADITRA_1720701074.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

enomena begubalan merupakan tradisi pernikahan melalui turun�temurun dari nenek moyang yang masih ada hingga saat ini, khususnya Masyarakat Desa Belimbing Jaya. Begubalan merupakan salah satu pilihan cara untuk menikah yang unik di Desa Belimbing Jaya karena tidak disampaikan secara langsung kepada orang tua dahulu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana makna fenomena begubalan bagi para pelakunya bagaimana hubungan keluarga yang terjadi diantara pasangan begubalan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, jurnal, buku dan dokumentasi terhadap warga Desa Belimbing Jaya Kab. Muara Enim. Teori yang digunakan adalah teori interaksi simbolik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fenomena begubalan bermakna sebagai penyampai pesan komunikasi anak kepada orang tua tentang keinginan untuk menikah dan dijadikan sebagai jalan pintas untuk melakukan pernikahan serta hubungan yang baik diantara keluarga pasangan begubalan adalah tergantung dari bagaimana pihak keluarga menanggapi fenomena tersebut. Fenomena begubalan sering dijadikan jalan pintas untuk menikah karena belum mendapatkan restu dari orang tua. Fenomena begubalan tidak langsung menikahkan pasangan melainkan hanya menjadi pesan kepada orang tua akan keinginan anaknya untuk menikah. Kata kunci : Begubalan, Fenomena, Makna, Pernikahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:50
Last Modified: 20 Jun 2022 08:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20752

Actions (login required)

View Item View Item