Social Safety Net Pada Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Miskin Di Kota Palembang.

Maftukhatusolikhah, Maftukhatusolikhah (2020) Social Safety Net Pada Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Miskin Di Kota Palembang. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 7 (2). pp. 261-274. ISSN 2550-0813

[img]
Preview
Text
4. Jurnal PKH.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas pelaksanaan PKH dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin di Kota Palembang dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan Deskriptif kualitatif Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dan snowball sampling, Dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Data primer di peroleh dari Dinas sosial kota Palembang, Koordinator PKH Kota Palembang, Pendamping Kecamatam Ilir Barat Dua Palembang, serta Peserta PKH yang dipilih berdasarkan syarat-syarat tertentu. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pelaksanaan PKH telah berjalan dengan efektif di Kota Palembang dan sesuai dengan tujuan program. PKH juga telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga miskin di Kota Palembang khususnya kecamatan Ilir Barat Dua Palembang, Namun kesejahteraan tersebut tidak diiringi pada tingkat kesadaran dalam menjalankan aktivitas ibadah (agama). Padahal dalam Ekonomi Islam untuk mengukur tingkat kesejahteraan keluarga harus mempertimbangkan indikator Religion. Kata Kunci: Social safety net, Program Keluarga Harapan, Kesejahteraan Islam.

Item Type: Article
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:19
Last Modified: 01 Jul 2022 03:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20877

Actions (login required)

View Item View Item