NASKAH ULU: OBAT-OBATAN TRADISIONAL DALAM NASKAH KAGHAS NOMOR. INV 07. 47 KOLEKSI MUSEUM NEGERI SUMATRA SELATAN (kajian filologi)

RIDHOLLAH, MUHAMMAD AFFAN (2021) NASKAH ULU: OBAT-OBATAN TRADISIONAL DALAM NASKAH KAGHAS NOMOR. INV 07. 47 KOLEKSI MUSEUM NEGERI SUMATRA SELATAN (kajian filologi). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NASKAH ULU OBAT-OBATAN TRADISIONAL DALAM.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Naskah Ulu: obat-obatan tradisional dalam naskah kaghas nomor. INV 07. 47 koleksi museumNegeri Sumatera Selatan (kajian filologi)”. Adapun pokok permasalahan pada penelitian ini adalah: 1) bagaimana kajian filologi atas naskah kaghas nomor. INV 07. 47 koleksi museum Negeri Sumatera Selatan, 2) obat-obatan apa saja yang terdapat pada naskah kaghas nomor. INV 07. 47 koleksi museum Negeri Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan ilmu filologi. Data yang digunakan terdiri dari: data primer yakni Naskah naskah kaghas nomor. INV 07. 47 koleksi museum Negeri Sumatera Selatan. Selanjutnya data sekunder berupa wawancara, bukubuku, skripsi, dan artikel. Penelitian ini lebih memfokuskan pada deskripsi naskah, suntingan teks, dan analisis isi. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penelitian adalah inventarisasi naskah, deskripsi naskah, transliterasi teks, dan suntingan teks. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif yakni menggambarkan, menguraikan, atau menjelaskan seluruh masalah yang ada pada rumusan masalah dengan sejelas-jelasnya. Naskah merupakan warisan budaya yang dapat dijadikan sebagai cerminan jati diri bangsa. Banyak maknamakna yang penting pada naskahnaskah kuno yang tersebar di Indonesia khususnya Sumatera Selatan. Aksara Ulu atau aksara Ka-Ga-NGA merupakan warisan budaya yang berasal dari Sumatera Selatan. Adapun temuan dari hasil penelitian ini adalah Naskah kaghas nomor. INV 07. 47 mempunyai 24 lembar (13 lembar yang tertulis). Naskah kaghas ini berisi tentang obat-obatan tradisional yang di gunakan oleh masyarakat di wilayah Sumatera Selatan terkhusus wilayah Uluhan. Kata Kunci: Naskah Ulu (Kaghas)-Nomor. INV 07. 47 Koleksi Museum Negeri Sumatera Selatan-Sumatera Selatan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Naskah Ulu (Kaghas)-Nomor. INV 07. 47 Koleksi Museum Negeri Sumatera Selatan-Sumatera Selatan
Subjects: Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 80230 - Sejarah Peradaban Islam (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:25
Last Modified: 01 Jul 2022 02:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20921

Actions (login required)

View Item View Item