Strategi komunikasi kreatif produser program pesona indonesia LPP TVRI Sumsel dalam mempromosikan budaya melayu

Ryan kusuma putra, Ryan Strategi komunikasi kreatif produser program pesona indonesia LPP TVRI Sumsel dalam mempromosikan budaya melayu. Strategi komunikasi kreatif produser program pesona indonesia LPP TVRI Sumsel dalam mempromosikan budaya melayu. (Submitted)

[img] Slideshow
BAB I - 5 ryan-dikompresi (1)_compressed_1pdf.io.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)

Abstract

ABSTRAK Dalam menghadirkan sebuah program acara seorang produser harus memiliki strategi-strategi dan ide-ide yang kreatif agar menghasilkan tayangan yang diminati oleh penonton dan memiliki perbedaan dengan program lainnya. Pesona Indonesia adalah program feature dokumenter yang bertujuan untuk menggali potensi daerah yang belum banyak diketahui oleh masyarakat sekitar, nasional bahkan luar negeri. Budaya Melayu sedang dipengaruhi efek globalisasi dengan masuknya budaya asing melalui media online dan televisi, dengan masuknya budaya asing dikhawatirkan masyarakat Sumsel sendiri, nasional, dan internasional tidak mengenali budaya Melayu. Oleh karena itu program Pesona Indonesia ini sangat dibutuhkan sebagai wadah untuk mempromosikan budaya Melayu agar masyarakat Sumsel, nasional bahkan luar negeri dapat mengetahui dan bisa mengenali budaya Melayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif produser program Pesona Indonesia LPP TVRI Sumsel dalam mempromosikan budaya Melayu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Miles & Huberman yakni : data display, reduksi, dan conclusi. Hasil penelitian ini dari 13 konsep strategi kreatif yaitu target penonton, bahasa naskah, format acara, puching line, gimmick dan funfare, clip hanger, tune dan bumper, penataan artistik, musik dan fashion, ritme dan birama, logo dan musik track untuk id tune, general rehearsal, interactive program. Produser program Pesona Indonesia LPP TVRI Sumsel pada umumnya menerapkannya tetapi dalam mempromosikan budaya Melayu produser lebih menekankan kepada format acara, dimana pada tahap ini produser mencari ide materi yang memang harus diangkat walaupun tidak ada nilai jualnya, musik yang diangkat yaitu musik yang bertemakan melayu untuk backsoundnya dan untuk fashion produser menyesuaikan dengan tema yang diangkat. Pada gimmick dan puching line produser menggunakannya sesuai dilapangan, tidak terencana didalam script. Kata Kunci : Strategi komunikasi kreatif, produser program pesona indonesia, mempromosikan budaya melayu.

Item Type: Article
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: RYAN KUSUMA PUTRA
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:53
Last Modified: 25 Jul 2022 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21248

Actions (login required)

View Item View Item