PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE-BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI SHOPAHOLIC (STUDI KASUS KLIEN "A" MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG )

Noviza, Neni (2022) PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE-BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI SHOPAHOLIC (STUDI KASUS KLIEN "A" MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG ). Undergraduate Thesis thesis, Uniiversitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI MEGAWATI BPI-Final (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul tentang “Penerapan Konseling Individu dengan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Dalam Mengatasi Shopaholic (Studi Kasus Pada Klien “A” Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dan faktor penyebab timbulnya Shopaholic pada klien “A” dan menyetahui hasil penerapan teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam mengatasi Shopaholic Online pada klien “A”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik penyumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dijelaskan oleh Robert K. Yin yaitu penjodohan pola, pembuatan penjelasan (eksplanasi) dan analisis derat waktu. Hasil penelitian 1) Gambaran Shopaholic pada klien “A” Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang adalah seseorang yang memiliki pola berbelanja berlebihan (pemborosan), dia menghabiskan banyak waktu, uang hanya untuk membeli barang-barang tidak penting. 2) Faktor penyebabnya adalah dari dalam diri, faktor keluarga dan faktor lingkungan yang seperti meniru temannya yang berpenampilan Fashionable seriap hari, merasa kurang percaya diri dan tidak berpikir secara sadar saat hendak berbelanja. 3) Penerapan proses konseling Rational Emotive Behavior Therapy dengan teknik kognitif, afektif, emotional dan behavior memberikan pemahaman tanpa paksaan pada klien akan penting dan tidak penting berbelanja secara berlebihan yang sudah menjadi kebiasaan buruk pada klien “A”. Dalam proses konseling ini menujukkan perubahan sikap shopaholic yang mengotrol diri untuk meminimaliskan keinginan berbelanja dan menyadari untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhan, bukan berdasarkan kemauannya. Kata kunci : Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Shopaholic

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: MEGAWATI
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:15
Last Modified: 27 Jul 2022 01:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21281

Actions (login required)

View Item View Item