WIDIANSI, 13270141 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA PADA SISWA KELAS V DI MI HIJRIYAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
WIDIANSI (13270141).pdf Download (7MB) |
Abstract
Salah satu model pembelajaran yang berpotensi melatikan siswa untuk memecahkan permasalahan adalah predict, observe, explain (POE). Model POE ini merupakan rangkaian proses pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa melalui tahap prediksi atau membuat dugaan awal (predict), pengamatan atau pembuktian dugaan (observe) serta penjelasan terhadap hasil pengamatan (explain). Melalui model POE ini diharapkan kegiatan pembelajaran dapat bersifat student center dimana siswa bisa lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan model pembelajaran POE (predict-observe-explain) pada mata pelajaran IPA materi perubahan sifat benda pada siswa kelas V di MI Hijriyah II Palembang. Bagaimana aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas kontrol. Bagaimana aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas eksperimen. Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran POE (predict-observe-explain) terhadap aktivitas belajar IPA materi perubahan sifat benda pada siswa kelas V di MI Hijriyah II Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan 80 siswa. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik Product Moment. Hasil penelitian tersebut menunjukkan Ada pengaruh penerapan model pembelajaran POE (predict-observe-explain) terhadap aktivitas belajar IPA materi perubahan sifat benda pada siswa kelas V di MI Hijriyah II Palembang. Presentasi nilai Hasil aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata kelompok yaitu 62 dengan kategori tinggi berjumlah 14 orang (35%), sedang berjumlah 5 orang (12,50%), dan yang tergolong rendah berjumlah 21 orang (52,50%). Nilai hasil aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelompok yaitu 86 dengan kategori tinggi berjumlah 19 orang (47,50%), sedang berjumlah 6 orang (15%), dan yang tergolong rendah berjumlah 15 orang (37,50%). Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji statistik product moment yang dilakukan pada nilai hasil observasi siswa disimpulkan bahwa r xy atau r o (yang besarnya = 0,635) jauh lebih besar dari pada r tabel (yang besarnya 0,304 dan 0,393). Karena r o lebih besar dari pada r tabel maka Hipotesis Nihil (H o ) ditolak dan Hipotesis Alternatif (H a ) diterima, ini berarti Ada pengaruh penerapan model pembelajaran POE (predict-observe-explain) terhadap aktivitas belajar IPA materi perubahan sifat benda pada siswa kelas V di MI Hijriyah II Palembang. Kata Kunci: Model Pembelajaran POE, Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 03:28 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 03:28 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/2130 |
Actions (login required)
View Item |