KEPATUHAN JAMAAH MASJID TERHADAP FATWA MUI DALAM PELAKSANAAN IBADAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Masjid Al-Mudzakir Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muaraenim)

Sherina, Trisagita (2022) KEPATUHAN JAMAAH MASJID TERHADAP FATWA MUI DALAM PELAKSANAAN IBADAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Masjid Al-Mudzakir Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muaraenim). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI bener SHERINA TRISAGITA ACC WISUDAH.docx
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengangkat tema pembahasan mengenai Kepatuhan Jamaah Masjid Terhadap Fatwa MUI dalam Pelaksanaan Ibadah Pada Masa Pandemi Covid-19(Studi Kasus Masjid Al-Mudzakir Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muaraenim).Covid-19 adalah virus yang telah mendekam selama kurang lebih dari awal 2019 sampai sekarang dan terus-menerus memakan korban jiwa.Covid-19 selalu saja mengkhawatirkan masyarakat dunia karena tidak henti-hentinya datang dan mengganggu ketenangan. Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: bagaimanaKepatuhan Jamaah Masjid terhadap Fatwa MUI dalam Pelaksanaan Ibadah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Masjid Al-Mudzakir Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muaraenim) ?.Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui Kepatuhan Jamaah Masjid Terhadap Fatwa MUI dalam Pelaksanaan Ibadah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Masjid Al-Mudzakir Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muaraenim). Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan data berasal dari sumber data primer, yaitu: para jamaah Masjid Al-Mudzakir Desa Muara Gula Batu Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muaraenim. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, kuesioner dan Dokumentasi. Dan analisis data dilakukan dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, uji linier sederhana dan uji hipotesis (uji t) dengan bantuan program SPSS form windows versi 23. Hasil penelitian pada uji hipotesis (uji t) diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel(2,919 > 1,984).Nilai 2,919 jadi H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruhkepatuhan jamaah masjid(X) terhadap ketegasakn Fatwa MUI dalam pelaksanaan ibadah pada masa Pandemi Covid-19 (Y)di Masjid Al-Mudzakir Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muaraenim.Hal ini dikarenakan peraturan yang telah diselenggarakan oleh fatwa MUI Nomor 31 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan shalat dan jamaah untuk mencegah penularan wabah Corona termasuk mengenai diperbolehkannya pelaksanaan sholat secara bergelombang menuai pro dan kontra dari kalangan pemuka agama sendiri. Sebagaian pendapat ada yang memperbolehkan karena kondisi ini darurat.Fatwa MUI terkait pelaksanaan salat di masjid wilayah yang kondisi penyebaran virusnya terkendali, dengan syarat jaga jarak saat salat berlangsung (physical distancing) sejauh satu meter atau bahkan dua meter untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Kata kunci:Kepatuhan, Fatwa MUI, Ibadah,Masa Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: SHERINA TRISAGITA
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:57
Last Modified: 26 Aug 2022 01:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21886

Actions (login required)

View Item View Item