Strategi pengembangan Al-Qur'an Al-Akbar sebagai destinasi wisata dakwah

Dwi Lestari, Shela (2022) Strategi pengembangan Al-Qur'an Al-Akbar sebagai destinasi wisata dakwah. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skripsi%20strategi%20pengembangan%20Al-Qur'an%20Al-Akbar.docx
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif melalui penggunaan metode analisis SWOT dengan tujuan untuk mengetahui seperti apa strategi pengembangan Al-Qur’an Al-Akbar selaku destinasi wisata dakwah. Penelitian ini diteliti melalui pendekatan deskriptif kualitatif dan juga analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat). Analisis SWOT adalah sebuah langkah mengidentifikasi beberapa faktor dengan sistematis dalam rangka merumuskan strategi perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan wawancara dengan sekretariat Al-Qur’An Al-Akbar. Selanjutnya juga dengan menambah dari buku bacaan dan juga sumber lain yang berkaitan dengan judul penelitian. Data yang didapatkan kemudian di analisis SWOT dalam upaya mencari tahu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari Al-Qur’an Al-Akbar. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Al-Qur’an Al-Akbar sebagai destinasi wisata dakwah yang diminati oleh masyarakat karena memiliki keunikan yang dimana Al-Qur’an Al-Akbar dibuat melalui ukiran tangan manusia, dan berukuran besar sehingga menarik perhatian masyarakat. Al-Quran Al-Akbar memiliki potensi yang baik untuk menjadi media dakwah karena memiliki nuansa Islami yang kuat. Adapun yang menjadi faktor penghambat dari pembangunan Al-Qur’an Al-akbar adalah tidak adanya dana operasional dari pemerintah dikarenakan Al-Qur’an Al-Akbar masih milik pribadi bukan wisata yang dimiliki oleh pemerintah daerah. Dan kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Al-Qur’an Al-Akbar memiliki potensi sebagai media dakwah hal ini didukung oleh lingkungan Al-Qur’an Al-Akbar bersebelahan dengan pondok pesantren, dan strategi yang digunakan untuk mengembangkan Al-Qur’an Al-Akbar yaitu dengan mempertahankan keunikan dari Al-Qur’an Al-Akbar seta menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai. Kata kunci : strategi pengembangan, SWOT, Al-Qur’an Al-Akbar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: SHELA DWI LESTARI
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:45
Last Modified: 07 Sep 2022 03:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22217

Actions (login required)

View Item View Item