INVENTARISASI ARTHROPODA PENGUNJUNG PADA TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) DENGAN SISTEM TANAM MONOKULTUR DAN TUMPANG SARI DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI DUNIA HEWAN (ANIMALIA )KELAS X SMA/MA

Tri Utami, Agnes (2022) INVENTARISASI ARTHROPODA PENGUNJUNG PADA TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) DENGAN SISTEM TANAM MONOKULTUR DAN TUMPANG SARI DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI DUNIA HEWAN (ANIMALIA )KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Arthropoda berasal dari bahasa Yunani yaitu arthro berarti “ruas” dan podos yang berarti “kaki”. Jadi, Arthropoda berarti hewan yang kakinya beruas-ruas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis Arthropoda pengunjung, mengemendeskripsikan karakteristik morfologi Arthropoda pengunjung, pada kacang tanah (Arachis hypogaea L.) dengan sistem tanam monokultur dan tumpang sari Di Desa Sumberjo Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan membuat media pembelajaran biologi yang dapat digunakan sebagai pendukung dan referensi pada materi dunia hewan (Animalia) kelas X SMA/MA. Rancangan penelitian yang digunakan untuk memperoleh data lapangan, yaitu dengan menggunakan metode pitfall trap, yellow trap dan sweep net. Pengambilan sampel secara metode plot sampling dengan membuat titik unit pada masing-masing sistem tanam monokultur dan tumpang sari sebanyak 5 titik. Data dianalisis yaitu data kualitatif berupa hasil inventarisasi atau pengelompokkan jenis-jenis peran Arthropoda pengunjung. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dikeahui bahwa Arthropoda pengunjung dengan sistem tanam monokultur ditemukan berjumlah 9 spesies terdiri dari 6 ordo, 8 famili, 9 Genus dengan jumlah keseluruhan terdapat 107 Individu. Sedangkan Arthropoda pengujung pada sistem tumpang sari ditemukan 7 spesies terdiri dari 5 ordo, 6 famili dengan jumlah keseluruhan terdapat 56 Individu. Hasil penilaian validasi media yang berupa poster dikategorikan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Arthropoda Pengujung, Inventarisasi, Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.), Poster
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: AGNES TRI UTAMI
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:40
Last Modified: 26 Sep 2022 02:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22626

Actions (login required)

View Item View Item