PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PARTISIPATIF TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK AISYIYAH 9 PALEMBANG

Wandira, Maya (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PARTISIPATIF TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK AISYIYAH 9 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK .pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
3_BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
4_BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text
5_BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
8_DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Strategi pembelajaran Kooperatif Partisipatif Terhadap Kemampuan Kerja Sama Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah 9 Palembang”. Adapaun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal kerja sama serta untuk mengetahui apakah ada Pengaruh dari strategi pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan kerja sama anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 9 Palembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan kerja sama anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 9 Palembang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental menggunakan tipe Non equivalent contoh group design (Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol). Jumlah sampel anak berjumlah 29 orang anak yang terdiri dari 11 orang anak laki-laki dan 18 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest hal ini digunakan untuk mengumpulkan data pada saat treatment, test berbentuk skor yang dilakukan untuk mengetahui hasil setelah diberi perlakuan dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil hipotesis dalam penelitian ini setelah dilakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganalisis semua hasil penelitian, dari penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran kooperatif dengan anak dalam kemampuan kerja sama diperoleh nilai thitung = 3,98998120 sedangkan ttabel = 2,120 karena thitung = 3,98998120 > ttabel = 2,120. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan nilai statistika yang signifikan terhadap kemampuan kerja sama anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 9 Palembang sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kooperatif Partisipatif, Kemampuan Kerjasama ABSTRACT The title of this research is “the effect of cooperative learning strategies on the cooperative ability of children aged 5-6 years in kingdergarten Aisyiyah 9 Palembang”. The problem in this research is the low ability of children to recognize cooperation and to find out whether there is an effect of cooperative learning strategies on the cooperative abilities of children aged 5-6 years in TK Aisyiyah 9 Palembang. The purpose of this study was to determine the effect of cooperative ability of children aged 5-6 years in kindergarten Aisyiyah 9 Palembang. This type of research is quasi-experimental using a non-equivalent type, for example group design (experimental class and control class). The number of samples of children was 29 children consisting of 11 boys and 18 girls. The data collection technique in this study used a pretest and posttest. This was used to collect data during treatment, a test in the form of a score was carried out to determine the results after being treated and documentation in the form of photos. The data analysis technique used in this study used normality test, homogenity test, and hypothesis in the study after the inital test (pretest) and the final test (posttest), then the study analyzed all research result, from the study it can be concluded that there is a significant influence between cooperative learning strategies and children in cooperative abilities, the value of tcount = 3,98998120 while ttable = 2,120 because tcount = 3.98998120 > ttable = 2,120. So it can be concluded that Ho is rejected, then Ha is accepted, meaning that there is a significant statistical difference in the cooperative learning abilities of children aged 5-6 years in Kindergarten Aisyiyah 9 Palembang before and after treatment using cooperative learning strategies. Keywords : Coopeartive Learning Strategy Partisipatif, Cooperation ability

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kooperatif Partisipatif, Kemampuan Kerjasama Coopeartive Learning Strategy Partisipatif, Cooperation ability
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MAYA WANDIRA
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:08
Last Modified: 26 Oct 2022 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23220

Actions (login required)

View Item View Item