Nuraliyah, Fevi (2016) PEMBINAAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
Disiplin siswa memang sangat penting dalam proses pendidikan, maka dari itu sekolah pasti memiliki sebuah aturan yang harus diikuti serta diterapkan oleh setiap guru, siswa dan seluruh aparat sekolah, aturan yang diberlakukan bagi siswa, guru, serta aparat sekolah menjadi landasan kedisiplinan di sekolah. Adapun latar belakang penulis mengangkat judul ini yaitu kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang sudah cukup baik, namun masih ada pelanggaran-pelanggaran kecil yang dilakukan oleh siswa seperti halnya siswa terlambat datang ke sekolah, keluar masuk pada saat proses belajar mengajar berlangsung, berpakaian yang tidak rapi, tidak memakai atribut seragam sekolah. Maka penulis tertarik untuk mengambil judul “ Pembinaan Disiplin Peserta Didik di SMA Muhammadiyah 2 Palembang”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana disiplin peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Palembang, Bagaimana upaya sekolah dalam melakukan pembinaan disiplin peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Palembang dan apa faktor pendukung dan penghambat disiplin peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui disiplin peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Palembang, untuk mengetahui upaya sekolah dalam melakukan pembinaan disiplin peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Palembang dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat disiplin peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Guna mempermudah data dalam penelitian ini maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, teknik dokumentasi serta teknik wawancara. Teknik analisa data kualitatif meliputi aspek reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sehingga hasil penelitian dapat diketahui dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Palembang di kategorikan sudah cukup baik dilihat dari bentuk-bentuk kedisiplinan di SMA Muhammadiyah 2 Palembang, hanya saja masih perlu adanya peningkatan karena masih ada pelanggaran-pelanggaran kecil yang terjadi. Adapun upaya sekolah dalam melakukan pembinaan disiplin peserta didik dikategorikan sudah baik. Dilihat dari adanya kegiatan pembinaan di SMA Muhammadiyah 2 Palembang yang meliputi memberikan orientasi kepada siswa baru, mengatur dan mencatat kehadiran siswa, mencatat prestasi dari kegiatan yang diraih atau dilakukan oleh siswa, mengatur disiplin siswa. Sedangkan faktor pendukung sikap disiplin peserta didik adanya teladan, lingkungan berdisiplin, latihan berdisiplin. Dan faktor penghambat sikap disiplin peserta didik yaitu tidak ada motivasi dari diri siswa sendiri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | disiplin, motivasi, orientasi kepada siswa. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 07:13 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 07:13 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/234 |
Actions (login required)
View Item |