PRAKTEK PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA TRADISI NGEPUNG DUSUN (Study Living Qur’an di Desa Ujung Tanjung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin)

Yogi Pratama, Yogi Pratama (2022) PRAKTEK PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA TRADISI NGEPUNG DUSUN (Study Living Qur’an di Desa Ujung Tanjung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam.

[img]
Preview
Text
skripsi Yogi pratama .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Praktek Pembacaan Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Tradisi Ngepung Dusun(Study Living Qur’an di Desa Ujung Tanjung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin yang dilatarbelakangi oleh adanya kepercayaan masyarakat yang menganggap sering terjadinya bala’ dan musibah dikarenakan dusun yang telah kotor. Dengan itu, masyarakat mengadakan ritual Ngepung Dusun dengan menggunakan ayat-ayat al-Qur’an. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimana praktek pembacaan ayat-ayat al-Quran pada tradisi Ngepung Dusun? 2) bagaimana pemahaman masyarakat terhadap ayat-ayat yang digunakan dalam tradisi Ngepung Dusun? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field Research) yaitu penelitian yang berbasis pada data-data lapangan yang terkait dengan objek yang akan diteliti. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data melalui tiga cara, 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: praktek tradisi Ngepung Dusun dilaksanakan karena masyarakat meyakini sering terjadinya bala’ dan musibah serta di ganggu oleh jin, karena desa yang sudah kotor sebab maksiat yang dilakukan oleh masyarak itu sendiri. Ketika melaksanakan Ngepung Dusun masyarakat berkumpul di masjid pangkal desa untuk sholat berjamaah dan berdoa bersama, setelah itu masyarakat mulai berjalan dari pangkal hingga ke ujung desa dan kembali lagi ke pangkal desa dengan membaca surat al-Fatihah, al-Baqarah ayat 255, al-Baqarah ayat 284-286, al- Ikhlas, al-Falaq dan an-Nas. Ayat yang digunakan ini diyakini mampu melindungi masyarakat dari bala’ musibah dan gangguan makhluk dari kalangan jin dan manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: YOGI PRATAMA
Date Deposited: 22 Nov 2022 01:05
Last Modified: 22 Nov 2022 01:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23699

Actions (login required)

View Item View Item