Sagita, Alvi (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah palembang.
Text
SKRIPSI_ALVI SAGITA_1830206061.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul bangun ruang sisi datar berbasisis etnomatematika yang layak untuk digunakan dan diterapkan sebagai media pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada penggunaan prosedur metode ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Karya Sembawa berjumlah 33 orang. Jenis data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan ceklist observasi, pedoman wawancara, dokumentasi, lembar soal tes, dan angket. Menurut prosedur ADDIE kelayakan dinilai berdasrkan beberapa elemen yaitu akurasi (Ketepatan), kejelasan, kemudahan dan intervensi potensial. Dari hasil analisis data (1) Akurasi (ketepatan) desain dan materi oleh pakar ahli bahwa kualitas desain 85% setuju dan materi 83% setuju dengan kualifikasi sangat layak digunakan, (2) Kejelasan dan kemudahan e-modul berdasarkan respon peserta didik persentase sebesar 80% setuju dengan kualifikasi layak digunakan (3) Intervensi potensial berdasarkan hasil ketuntasan belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar e-modul sebesar 77%. Kata kunci : E-Modul, Polyhedron, Etnomatematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Polyhedron, Etnomatematika |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ALVI SAGITA |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 03:29 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 03:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24025 |
Actions (login required)
View Item |