Representasi Nasionalisme dalam Video Klip (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Nasionalisme dalam Video Klip Wonderland Indonesia)

DARUSMAN, M NOPRIANTO (2022) Representasi Nasionalisme dalam Video Klip (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Nasionalisme dalam Video Klip Wonderland Indonesia). Representasi Nasionalisme dalam Video Klip (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Nasionalisme dalam Video Klip Wonderland Indonesia).

[img] Text
SKRIPSI M NOPRIANT lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Video klip Wonderland Indonesia merupakan karya seorang komposer muda Alffy Rev yang menjadi hadiah spesial hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76. Video klip ini berisikan 9 lagu daerah dan 1 lagu nasional dengan instrumen tradisional berpadu dengan electronic dance music (EDM), ditambah visualisasi peradaban Indonesia yang dikemas secara animasi 3D. Melalui video klip ini kita bisa dobrak nasionalisme anak bangsa seperti semangat dalam video Wonderland Indonesia dimana, tidak hanya kekayaan dan keindahan yang ditampilkan, namun juga semangat lagu ini menjadi tunas untuk kita fokus berkreasi dan berkarya dengan keberagaman budaya Indonesia. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan mencari apa saja bentuk representasi nilai nasionalisme yang ada pada video klip Wonderland Indonesia. Jenis penelitian ini akan menggunakan teori deskriptif kualitatif yang memanfaatkan data kualitatif dan akan dijabar secara dekriptif lalu peneliti melakukan analisis semiotika Roland Barthes. Nasionalisme disini bukan hanya sebatas simbol pada bendera Merah Putih, dan lagu kebangsaan, namun nasionalisme adalah bagaimana perbuatan kita atas bangsa ini. Yaitu mencintai bangsa melalui apa yang sudah kita lakukan untuk bangsa ini salah satunya dengan memberikan sebuah kayaanak bangsa yang menjadiprestasi dan sebuah karya pemersatu bangsa. Kata kunci : Video klip , nasionalisme, representasi, semiotika Roland Barthes.

Item Type: Article
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Media Massa, Jurnalisme, Publikasi
Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: M. NOPRIANTO DARUSMAN 1820503054
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:50
Last Modified: 23 Dec 2022 03:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24248

Actions (login required)

View Item View Item