PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS IDE 8.2

Santika, Fiulan (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS IDE 8.2. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
drive/folders/10JwEs7DV22jfzkm5JT73i2TAdmmiLbap
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan Java Netbeans IDE 8.2 pada materi sistem persamaan linier dua variabel yang valid, praktis dan efektif pada siswa kelas VIII SMP Nurul Amal Palembang. Penelitian yang diadakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 ini memiliki prosedur penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Tessmer. Dimana metode Tessmer ini terdiri dari dua tahap yakni tahap preliminary dan tahap prototyping (formative evaluation) yang meliputi self evaluation, expert review dan one-to-one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data berupa lembar validasi, angket, wawancara dan tes. Kevalidan media dapat dilihat dari komentar serta saran yang di berikan ahli pada tahap expert review. Kepraktisan media dapat dilihat dari angket serta wawancara pada tahap one to one, small group, dan field test. Dan keefektifan media dapat dilihat dari hasil belajar siswa yaitu berupa hasil tes di akhir pembelejaran materi sistem persamaan linier dua variabel. Sehingga, hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan menghasilkan media yang valid sesudah melalui beberapa revisi dan ahli menyatakan layak digunakan dengan beberapa perbaikan sesuai saran, dan praktis setelah dianalisis hasil angket kepada siswa dengan perbaikan sesuai saran serta memenuhi kriteria efektif setelah dilakukan tes yang menghasilkan rata-rata kelas yang mencapai 81,4.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Java Netbeans IDE 8.2
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: FIULAN SANTIKA 1830206077
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:34
Last Modified: 02 Jan 2023 01:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24367

Actions (login required)

View Item View Item