AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPKAD) SUMATERA SELATAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COMMITTEE OF SPONSORING ORGANIZATION OF THE TREADWAY COMMISSION (COSO)

Finishita, Putri (2023) AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPKAD) SUMATERA SELATAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COMMITTEE OF SPONSORING ORGANIZATION OF THE TREADWAY COMMISSION (COSO). Undergraduate Thesis thesis, Uin Raden fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
PUTRI FINISHITA-1730803060-SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam meminimalkan risiko Teknologi Informasi (TI) dibutuhkan manajemen pengelolaan sumber daya TI yang efisien dan efektif. Untuk mengoptimalkan pekerjaanya supaya lebih efektif dan efisien BPKAD Sumatera Selatan perlu mengevaluasi auditnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi seberapa jauh kinerja perangkat tekhnologi informasi yang ada di dalam organisasi sehingga dapat memberikan manfaat pada organisasi atau perusahaan. Adapun untuk melaksanakan tujuan di atas diperlukan framework dalam pengauditannya. COMMITTEE OF SPONSORING ORGANIZATIONS OF THE TREADWAY COMMISSION (COSO) adalah framework yang di gunakan dalam pengauditan teknologi informasi, dalam pengimplementasiannya kami menggunakan beberapa proses yaitu Penilaian Risiko (Risk Assessment) Kegiatan Pengendalian (Control Activities) Kegiatan Pemantauan (Monitoring Activites) Lingkungan Kontrol (Control environtmentt) Pemantauan (Monitoring) Informasi dan komunikasi (Information and Communication). Dimana hal ini menunjukkan bahwa apakah pada proses-proses tersebut pihak Instansi telah mengimplementasikannya dengan baik, meski tetap harus dijaga dan terus ditingkatkan lagi. Penelitian audit ini menghasilkan temuan bahwa sistem informasi yang ada di BPKAD Sumatera Selatan belum sesuai dengan standar dari framework COSO.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 57201 - Sistem Informasi
Depositing User: PUTRI FINISHITA 1730803060
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:08
Last Modified: 26 Jan 2023 02:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24901

Actions (login required)

View Item View Item