Pengembangan Buku Bahasa Arab Dasar Dengan Fun Learning Methode Berbasis VAK untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMA IT Izzuddin Palembang

Alipiah Jamal, Amirah Hasan (2023) Pengembangan Buku Bahasa Arab Dasar Dengan Fun Learning Methode Berbasis VAK untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMA IT Izzuddin Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text (Pengembangan Buku Bahasa Arab Dasar dengan Fun Learning Methode Berbasis VAK untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMA IT Izzuddin Palembang)
Skripsi arab SELESAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat dan semangat siswa terhadap pembelajaran bahasa arab yang disebabkan oleh buku ajar yang terbilang kurang memicu perhatian siswa di mana buku tersebut dikhususkan untuk pembelajaran muhadastah, begitupun dengan metode ajar yang dipakai guru bahasa arab di sekolah yaitu metode ceramah, di mana siswa hanya mendengarkan materi yang diberikan oleh guru di kelas, sedangkan tujuan dari pembelajaran bahasa arab ini agar dapat berkomunikasi dalam bahasa arab dengan sesama siswa dan juga guru bahasa arab. Dalam hal pengembangan ini, peneliti menggunakan metode fun learning yang berbasis VAK (visual, auditori dan kinestik). Hasil pengembangan buku ajar ini berdasarkan hasil angket kebutuhan buku ajar dengan hasil rata-rata persentase 83,7%, selain itu, memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi dari ahli materi adalah 95%, dan hasil validasi dari ahli media adalah 81,25%. Begitupun penerapan pre test di dalam kelas telah mendapatkan nilai rata-rata 45%, sedangkan nilai rata-rata yang didapatkan dari hasil post test di dalam kelas telah mencapai 89,2%. Berdasarkan analisis data menggunakan uji T (Paired), nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dengan pengaruh yang nyata antara hasil belajar bahasa arab pada pre test dan post test. Maka keputusannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat keefektifan pada penggunaan buku bahasa arab dasar dengan fun learning methode berbasis VAK di SMAIT Izzuddin Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Buku Bahasa Arab Dasar, Keefektifan Buku Bahasa Arab Dasar Dengan Fun Learning Berbasis VAK
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: AMIRA HASAN ALIPIAH JAMAL 1830204097
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:55
Last Modified: 30 Jan 2023 02:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24932

Actions (login required)

View Item View Item