Penerapan Media Buku Cerita Bergambar (BCB) Pada Tema 4 Subtema 1 Materi Membaca dan Pengaruhnya Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas II di SDN 1 dan SDN 2 Terusan Menang

Dayona, Tharissa (2023) Penerapan Media Buku Cerita Bergambar (BCB) Pada Tema 4 Subtema 1 Materi Membaca dan Pengaruhnya Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas II di SDN 1 dan SDN 2 Terusan Menang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

Berbicara soal pendidikan tidak bisa terlepas dari proses pembelajaran di dalam kelas, kesuksesan belajar siswa bisa didukung dengan adanya minat membaca serta media pembelajaran yang sesuai untuk menumbuhkan minat membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat membaca siswa sebelum dan sesudah diterapkan media buku cerita bergambar (BCB) di kelas eksperimen 1 di SDN 1 Terusan Menang dan di kelas eksperimen 2 di SDN 2 Terusan Menang, serta untuk mengetahui perbandingan minat membaca siswa di SDN 1 dan SDN 2 Terusan Menang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan the Solomon four grup design (dua kelompok kontrol dan dua kelompok eksperimen). Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear sederhana. Penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian (1) minat membaca siswa pada kelas eksperimen 1 menunjukkan kenaikan minat membaca siswa yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh dari penyebaran angket pada kelas eksperimen 1 di SDN 1 Terusan Menang. Dimana terjadinya peningkatan minat membaca siswa pada kelas eksperimen kelompok 1 yang awalnya 66 menjadi 87,3. (2) minat membaca siswa pada kelas eksperimen 2 di SDN 2 Terusan menang menunjukkan kenaikan minat membaca siswa yang signifikan, dimana minat membaca yang awalnya 66 menjadi 93,3. (3) media buku cerita bergambar (BCB) berpengaruh sebesar 87,1% terhadap minat membaca pada kelas eksperimen 1 dan berpengaruh sebesar 99,7% terhadap minat membaca pada kelas eksperimen 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: buku cerita bergambar (BCB), minat membaca, media pembelajaran
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:44
Last Modified: 30 Jan 2023 04:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25013

Actions (login required)

View Item View Item