PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI LIMA PELAMBANG ADAT SEMENDE PADA ANAK USIA SD DI DESA BATU SURAU KEC.SEMENDE DARAT TENGAH KAB. MUARA ENIM

WIJAYA, WIJAYA and KHAIRIL CANDRA, KHAIRIL CANDRA (2023) PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI LIMA PELAMBANG ADAT SEMENDE PADA ANAK USIA SD DI DESA BATU SURAU KEC.SEMENDE DARAT TENGAH KAB. MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I- 5 FIX (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk(1) Untuk mengetahui Implementasi lima pelambang adat semende dalam menumbuhkan karater pada anak usia SD di desa batu surau kec semende darat tengah Kab Muara Enim (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penanaman pendidikan karakter melalui lima pelambang adat semende pada anak usia SD di desa Batu surau kec semende darat tengah kab Muara Enim. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif teknik pengumpulan data penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa :(1) penanaman lima pelambang adat semende dalam menumbuhkan karakter religius pada anak usia SD desa Batu Surau dilakukan dengan melalui tiga tahapan yaitu pendahuluan, inti, dan penutup, dengan adanya penanaman lima pelambang adat semende dapat menanamkan pendidikan karakter religius. Faktor yang mempengaruhi penanaman pendidikan karakter religius di desa batu surau faktor pendukung dan dan pengahambat adalah (1) masih adanya Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) yang aktip, penamaman nilai-nilai lima pelambang adat sebagai pedoman atau nasehat yang erat dalam keluarga,banyaknya anak SD yang melanjutkan ke pondok pesantren sedangkan faktor penghambat adalah: adanya HAM di sekolah, pengaruh sosial handphone, dan kurangnya dorongan orang tua kepada anak dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Karakter Religius, Lima Pelambang Adat Semende
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 02 Feb 2023 06:24
Last Modified: 02 Feb 2023 06:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25028

Actions (login required)

View Item View Item