Hubungan Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas V di MI Hijriyah 1 Palembang

Ardelia Tifani, Dhea (2023) Hubungan Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas V di MI Hijriyah 1 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas strategi guru Akidah Akhlak melalui pembiasaan, keteladanan dan kegiatan spontan dalam membentuk karakter religius seperti berdoa dengan baik, anti kekerasan, berbicara yang sopan serta menjelaskan problematika guru dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas V. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu guru akidah akhlak melakukan strategi dalam membentuk karakter melalui a)Pembiasaan, membiasakan anak melakukan amal saleh seperti berdoa sebelum dan sesudah belajar, pembiasaan tahfiz sebelum masuk kelas, pembiasaan salam, sapa dan senyum. b)Keteladanan, guru sebagai contoh baik dalam berkomunikasi di dalam dan di luar pembelajaran, memiliki sifat yang sabar dan ramah, c)Kegiatan spontan, melalui teguran, nasihat dan hukuman. Problematika yang dialami guru dalam membentuk karakter religius peserta didik adalah permasalahan yang berasal dari peserta didik yang kurang memiliki kesadaran diri untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Religius, Peserta Didik.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:29
Last Modified: 01 Feb 2023 02:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25091

Actions (login required)

View Item View Item