ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Kelas III SD Negeri 33 Palembang)

APRIANTI YUSEL, REDHA (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Kelas III SD Negeri 33 Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Mengingat keterampilan membaca merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang guna memperoleh pengetahuan yang lebih luas, namun nyatanya di beberapa sekolah maupun tempat bimbel ada beberapa peserta didik yang masih belum bisa membaca permulaan. Maka penulis tertarik untuk melalukan penelitian yang berjudul “Analisis kesulitan membaca permulaan peserta didik (srtudi kasus kelas III SD Negeri 33 Palembang)”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriftif yaitu penelitian yang mendeskrifsikan keadan atau situasi yang sebenarnya dari sumber tempat penelitian. Adapun metode atau pendekatan yang digunakan yaitu studi kasus yaitu kasus yang penulis angat dalam penelitian ini tentang kesulitan membaca permulaan, informan dalam penelitian ini yaitu Guru dan Peserta Didik Kelas III yang mengalami kesulitan membaca, sumber data yang di dapat yaitu data primer dan data sekunder, Adapun analisis data Menurut pendapat Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, Penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesulitan membaca permulaan yang dialami peserta didik kelas III, adapun kesulitan yang ditemui yaitu: kesulitan membedakan bunyi huruf, belum hafal alfabet, kesulitan merangkai kata, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan, adapun faktor-faktor yang ditemui yaitu: faktor internal yang mencakup kurangnya minat dan motivasi peserta didik, dan faktor eksternal kurangnya bimbingan belajar membaca permulaan dari orang sekitar, waktu peserta didik lebih banyak dihabiskan untuk bermain dan hiburan, (3) upaya yang dilakukan guru guna meminimalisis kesulitan membaca permulaan, adapun upaya yang telah dilakukan oleh guru yaitu: meluangkan waktu khusus untuk mengajarkan anak yang kesulitan membaca pada saat jam istirahat berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, membaca permulan, peserta didik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 31 Jan 2023 14:05
Last Modified: 31 Jan 2023 14:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25113

Actions (login required)

View Item View Item