UNSPECIFIED Pengembangan E-Modul Bermuatan Nilai Religi Pada Materi Sel Kelas XI SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNSPECIFIED.
Text
skripsi nanda sabila_removed (3).pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
||
Text
skripsi nanda sabila_removed (4).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
skripsi nanda sabila_removed (1).pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
||
Text
skripsi nanda sabila_removed (2).pdf Restricted to Registered users only Download (918kB) |
||
Text
skripsi nanda sabila_removed (6).pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
|
Text
COVER PROPOSAL 1.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
Salah satu tujuan Pendidikan IPA (Sains) di Indonesia adalah mampu membentuk peserta didik yang memiliki keyakinan, keteraturan alam ciptaan-Nya dan keagungan Tuhan Yang Maha Esa, dalam mewujudkannya dibutuhkan suatu media pembelajaran yang inovatif yaitu E-Modul bermuatan nilai religi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan e-modul bermuatan nilai religi pada materi sel kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation namun pada penelitian ini hanya sampai tahap Development. Tahap evaluasi berupa validitas dan praktikalitas menggunakan one-to-one evaluation dan small group trial. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang mengacu pada 3 indikator yaitu peserta didik yang memiliki kemampuan akademik tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada 4 orang validasi ahli yatu ahli media, ahli materi, ahli tafsir Al-Qur’an, dan ahli Bahasa. Angket praktikalitas diberikan kepada 1 orang guru biologi, 3 orang peserta didik (one-to-one evaluation), 10 orang peserta didik (small group trial). Hasil penelitian menunjukkan e-modul bermuatan nilai religi yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar materi Sel dengan kategori penilaian sangat valid dan praktis berdasarkan ahli media 99%, ahli materi 90%, ahli tafsir Al-Qur’an 93%, ahli Bahasa 99%, ahli nilai religi 98% serta uji coba praktikalitas memperoleh nilai pendidik 97%, one-to-one evaluation 91%, small group trial 89%. Kata kunci: ADDIE, E-Modul, Nilai Religi, Sel
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Depositing User: | NANDA SABILA 1910207007 |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:16 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 03:16 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25418 |
Actions (login required)
View Item |