KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN SIKAP MENTAL DAN KARAKTER (Studi pada Pelatih Pendidik Tamtama TNI AD KODAM II SWJ Palembang)

MAYA, ASTRI WIDYA (2022) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN SIKAP MENTAL DAN KARAKTER (Studi pada Pelatih Pendidik Tamtama TNI AD KODAM II SWJ Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI_ASTRI WIDYA MAYA 1657010022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Persuasif adalah sebuah proses komunikasi yang kompleks yang dilakukan oleh seorang individu atau kelompok untuk memperoleh (secara sengaja atau tidak sengaja) suatu respon tertentu dan individu atau kelompok lain secara verbal dan non verbal serta dilakukan secara halus dan manusiawi sehingga komunikan bersedia melakukan sesuatu dengan senang hati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Komunikasi Persuasif dalam Pembentukan Sikap Mental dan Karakter (Studi pada Pelatih Pendidik Tamtama TNI AD KODAM II SWJ Palembang). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatih (persuader) menggunakan komunikasi persuasif kepada siswa (persuadee) dalam pendidikan militer dengan pendekatan personal saat konseling/bimbingan pengasuhan, serta arahan melalui contohnya keteladanan dari pelatih. Pada saat-saat tersebut, pelatih cenderung memposisikan diri sebagai kakak, bapak, saudara atau teman dari siswa. Komunikasi persuasif yang dilakukan akan lebih efektif, karena dapat berjalan dua arah. Kemudian menurut calon anggota tamtama (catam) bahwa pendidikan tamtama ini benarbenar bermanfaat dalam membentuk karakter dan mental para anggota apalagi dengan penanaman karakter dan sikap yang diberikan oleh para pelatihnya. Kata Kunci : Persuasif, Sikap, Karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:04
Last Modified: 24 Feb 2023 02:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25491

Actions (login required)

View Item View Item