STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIK KEJURUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 ( Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kota Palembang )

AGUSTINI, ANANDA PUTRI (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIK KEJURUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 ( Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kota Palembang ). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
ANANDA PUTRI AGUSTINI 1657010014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penyebaran virus covid-19 telah melanda diseluruh penjuru dunia tidak terkecuali Indonesia. Indonesia merupakan salah satu Negara yang juga terkena penyebaran virus. Pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan untuk menerapkan Pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) dengan salah satu isi kebijakannya yaitu mengalihkan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran dari rumah dengan metode daring pada bidang pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi SMK Negeri 7 Palembang dalam penerapan pembelajaran praktik kejuruan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 8 guru SMK Negeri 7 Palembang. Dari hasil penelitian bahwa SMK Negeri 7 Palembang menerapkan tiga langkah strategi komunikasi yaitu dengan mengalihkan pembelajaran menjadi pembelajaran tatap muka dengan izin orang tua siswa dan gugus yang bertugas. Langkah-langkah yang diterapkan yaitu (1) Pengenalah khalayak. Pengenalan khalayak ini dilakukan dengan memastikan bahwa siswa dalam keadaan yang sehat ketika mengikuti kegiatan belajar dan siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik (2) Menetapkan Tujuan. Tujuan yang ditetapkan SMK Negeri 7 Palembang pada permaalahan ini ialah mengembalikan kembali efektifitas pembelajaran praktik kejuruan makan diperlukan langkah-langkah dalam menvapai tujuan itu ialah menerapkan protokol kesehatan dengan 3 M, Menentukan waktu maksimal pembelajaran, menetapkan jumlah siswa dalam pembelajaran tatap muka. (3) Penggunaan Media. Penggunaan media diterapkan berdasarkan sistem pembelajaran jika praktik dilakukan secara tatap muka maka media yang digunaakan adalah peralatan prakti sedangan jika dilakukan secara daring media yang digunakan adalah Whatsapp, Google Classroom, Zoomeeting, dan Zenius. Kata Kunci : Pandemi, Strategi, Komunikasi, Praktik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:17
Last Modified: 09 Mar 2023 03:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25681

Actions (login required)

View Item View Item