Kurikulum Merdeka Perspektif Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara

Syarif, Hidayatullah Idris and Muqowim, Muqowim and Muhammad, Fauzi (2023) Kurikulum Merdeka Perspektif Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Kurikulum Merdeka Perspektif Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara, 9 (3). pp. 88-98. ISSN E-ISSN: 2656-3320 P-ISSN: 2745-5440

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum merdeka diawal munculnya mengundang pertentangan. Selain karena Nadiem sebagai menteri pendidikan dianggap tidak memiliki kemampuan yang mumpuni. Beberapa kebijakannya yang ditetapkan juga dianggap kurang tegas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab adanya fenomena tersebut dengan menggunakan perspektif Ki Hajar Dewantara sebagai pisau analisisnya. Metode pengumpulan datanya adalah riset pustaka dan melakukan interpretasi terhadap data yang dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum merdeka hanya fokus pada aspek aktualisasi diri, namun aktualisasi diri yang dimaksud tidak menitikberatkan pada penanaman nilai budaya. Hal ini menurut Ki Hajar Dewantara akan terasing dari budayanya dan justru menjadikan ia tidak lagi disebut manusia yang utuh.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:46
Last Modified: 16 Mar 2023 03:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25918

Actions (login required)

View Item View Item