ANALISIS IMPLEMENTASI KERJASAMA PERTANIAN DENGAN SISTEM SASIH DI DESA AROMANTAI KECAMATAN JARAI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Gumay, Elsanita Putri (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI KERJASAMA PERTANIAN DENGAN SISTEM SASIH DI DESA AROMANTAI KECAMATAN JARAI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Analisis Implementasi Kerjasama Pertanian dengan Sistem Sasih di Desa Aromantai Kecamatan Jarai dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani dalam Perspektif Ekonomi Islam Elsanita Putri Gumay 1720602111 Skripsi ini membahas tentang Analisis Implementasi Kerjasama Pertanian dengan Sistem Sasih di Desa Aromantai Kecamatan Jarai dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani dalam Perspektif Ekonomi Islam. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sistem kerjasama pertanian dengan sistem sasih di Desa Aromantai Kecamatan Jarai dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan untuk mengetahui dan menganalisis pandangan ekonomi Islam terhadap praktik sistem sasih tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data skunder. Adapun teknik pengumpulan data penelitian mengunakan teknik kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menujukan bahwa kerjasama pertanian dengan sistem sasih di Desa Aromantai menggunakan sistem bagian atau sewa yang mana praktik pelaksanaannya sama dengan akad mukhabarah dalam akad kerjasama pertanian dalam Islam. Kerjasama pertanian dengan sistem sasih di Desa Aromantai yang umum dilakukan secara lisan atas dasar kepercayaan tanpa menghadirkan sanksi, jangka waktu perjanjian yang tidak ditetapkan secara jelas dan bagi hasil ditentukan sejak awal pada saat akad sesuai dengan luas lahan yang digarap. Hasil analisis yang diperoleh dari informan petani Desa Aromantai menunjukan adanya peningkatan kesejahteraan para petani pelaku kerjasama pertanian baik dari unsur materi dengan melihat tercukupinya kebutuhan sehari-hari maupun dari unsur spiritual dengan melihat tercukupinya kebutuhan kerohanian dan kesehatan. Pelaksanaan sistem kerjasama pertanian dengan sistem sasih di Desa Aromantai dalam ekonomi Islam merupakan akad mukhabarah dalam ekonomi Islam, tetapi praktik yang dilakukan belum sepenuhnya sesuai dengan konsep Islam, karena terdapat beberapa hal yang belum sesuai, yaitu jangka waktu perjanjian yang tidak ditetapkan secara jelas, dan pembagian hasil yang ditentukan diawal yang dapat menyebabkan kerugian di salah satu pihak yang berkerjasama. Kata Kunci: Akad Kerjasama Pertanian, Kerjasama Pertanian, Sistem Sasih, Kesejahteraan Petani.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Akad Kerjasama Pertanian, Kerjasama Pertanian, Sistem Sasih, Kesejahteraan Petani
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: ELSANITA PUTRI GUMAY 1720602111
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:30
Last Modified: 31 Mar 2023 02:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26129

Actions (login required)

View Item View Item