PENGARUH PENERAPAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 6 KOTA PALEMBANG

Shalsabila, Nur Sherina (2023) PENGARUH PENERAPAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 6 KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI SHALSABILA NS.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI SHALSABILA NS.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. Salah satu penyebabnya adalah metode dan media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi saat pembelajaran IPA sehingga siswa cepat merasa jenuh, bosan dan tidak tertarik untuk belajar. Salah satu upaya yang dapat perlu dilakukan oleh seorang guru atau pendidik yaitu dengan menggunakan pembelajaran berbasis online seperti aplikasi Quizizz. Quizizz adalah aplikasi pendidikan berbasis game, yang menghadirkan aktivitas multi pemain ke ruang kelas dan membuat latihan kelas menjadi interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya aplikasi quizizz dalam pembelajaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah 6 Palembang; (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik sesudah diterapkannya aplikasi quizizz dalam pembelajaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah 6 Palembang serta (3) Bagaimana pengaruh penerapan aplikasi quizizz dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah 6 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain One Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 163 peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah 6 Palembang. Sampel dalam penelitian ini kelas VA berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen tes dalam penelitian ini duji dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan data nilai pretest-posttest yaitu dengan teknik analisis statistik deskriptif, kemudian dilakukan uji asumsi klasik dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis statistik parametris dengan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar sebelum penerapan aplikasi quizizz menunjukkan jumlah rata-rata nilai pretest yaitu 66,47 dengan nilai total 2.340. Selain itu pada data hasil kelompok TSR nilai pretest dapat dilihat bahwa terdapat nilai dengan kategori tinggi sebanyak 9 peserta didik dengan nilai 79 ke atas (26,5%), nilai dengan kategori sedang sebanyak 18 peserta didik (53%) dan nilai dengan kategori rendah sebanyak 7 peserta didik dengan nilai 54 ke bawah (20,5%). (2) Hasil belajar sesudah penerapan aplikasi quizizz menunjukkan jumlah rata-rata nilai posttest yaitu 87,06 dengan nilai total 2.960. Selain itu pada data hasil kelompok TSR nilai posttest dapat dilihat bahwa terdapat nilai dengan kategori tinggi sebanyak 12 peserta didik dengan nilai 98 ke atas (35,3%), nilai dengan kategori sedang sebanyak 17 peserta didik (50%) dan nilai dengan kategori rendah sebanyak 5 peserta didik dengan nilai 77 ke bawah (14,7%). (3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji T dengan rumus Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa Ha diterima karena nilai sig < 0,05 yang diperoleh nilai signifikan 0,000. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi quizizz ada pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah 6 Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 1559 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2023 03:41
Last Modified: 02 Apr 2023 03:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26163

Actions (login required)

View Item View Item