EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MENGACU KKNI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG

OVIYANTI, FITRI and Indrawati, Indrawati and Rochmiatun, Siti and Huzaimah, Arne (2019) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MENGACU KKNI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG. Rafah Press bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN RF Palembang, Palembang. ISBN 978-623-250-051-8

[img]
Preview
Text
Evaluasi Implementasi Kurikulum Mengacu KKNI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) merupakan salah satu acuan nasional dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing bangsa Indonesia di bidang sumber daya manusia melalui pencapaian kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang dihasilkan oleh sistem pendidikan dan sistem pelatihan kerja nasional, serta sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran. KKNI berusaha mendekatkan dunia pendidikan dengan pelatihan kerja dan pengalaman kerja. Dengan kurikulum yang mengacu KKNI, maka lulusan pendidikan tinggi setidaknya memiliki capaian pembelajaran (learning outcomes)sebagaimana capaian kompetensi yang dimiliki oleh seseorang yang mengikuti pelatihan kerja atau pengalaman kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informen penelitian adalah dosen-dosen FSH dan FITK UIN Raden Fatah, mahasiswa, Wakil Dekan 1, dan tenaga kependidikan (tendik). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data, dilakukan triangualasi sumber dan teknik. Data dianalisis menggunakan teknik Miles and Huberman dengan tahapan data reduction, data display, dan verification. Data ini juga dianalisis menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Hasil penelitian menunjukkan empat variabel yang dievaluasi. Pertama, variabel context, dilihat dari persepsi dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan UIN Raden Fatah Palembang, maka persepsi dosen dan mahasiswa tentang implementasi kurikulum mengacu KKNI sudah baik (positif), sedangkan persepsi tendik kurang baik. Kedua, variabel input, dilihat dari tiga poin, yaitu visi misi UIN Raden Fatah, sosialisasi KKNI, dan manajemen pembelajaran. Visi misi UIN Raden Fatah yang mengglobal sesuai dengan KKNI. Sosialisasi kurikulum mengacu KKNI di UIN Raden Fatah sudah baik di kalangan dosen dan mahasiswa, tetapi di kalangan tendik belum. Manajemen pembelajaran di UIN Raden Fatah Palembang belum terlaksana dengan baik. Ketiga, variabel process, dalam proses pembelajaran di FSH dan FITK UIN Raden Fatah, dosen-dosen FITK cenderung sudah menerapkan Student Centered Learning, sementara dosen- dosen FSH masih cenderung Teacher Centered Learning. Pembelajaran dengan blended learning (tatap muka dan daring) cenderung belum familiar dilakukan di kedua fakultas tersebut. Proses penilaian belum berjalan maksimal sesuai dengan prinsip penilaian yang mengacu KKNI. Prinsip akuntabel dan autentik belum dilaksanakan. Keempat, variabel product, hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah keprodian pada kurikulum mengacu KKNI sudah sangat baik.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Implementasi, Kurikulum mengacu KKNI
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Arne Huzaimah
Date Deposited: 05 Apr 2023 01:33
Last Modified: 05 Apr 2023 01:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26255

Actions (login required)

View Item View Item