Kemampuan Lulusan Madrasah Mengikuti Pendidikan Pada Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan

Rohayati, Enok (2015) Kemampuan Lulusan Madrasah Mengikuti Pendidikan Pada Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan. El-Idare; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (1). pp. 45-62. ISSN 2461-0674

[img]
Preview
Text
Jurnal El-Idare (Kemampuan Lulusan Madrasah Mengikuti Pendidikan Pada Perguruan Tinggi Di Sumatera Selatan).pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui kemampuan lulusan madrasah mengikuti pendidikan pada perguruan tinggi di Sumatera Selatan, dan 2) membandingkan kemampuan lulusan madrasah yang studi di UIN Raden Fatah dan di Universitas Sriwijaya. Metode penelitian yang digunakan deskriptif komparatif. Sampelnya 128 orang yang studi di UIN dan 14 orang di Unsri. Teknik pengumpulan data yang digunakan: kuesioner, telaah dokumen, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara umum kemampuan lulusan madrasah berada dalam kategori cukup baik, namun dilihat dari masing-masing aspek menunjukkan adanya variasi, dan 2) perbedaan kemampuan lulusan madrasah yang studi di UIN dan di Unsri terlihat dalam prestasi akademik dan prestasi dalam kegiatan kemahasiswaan, namun terdapat kesamaan dalam kemampuan beradaptasi dengan cara belajar di perguruan tinggi, menyelesaikan studi secara tepat waktu, dan menulis karya ilmiah.

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Tinggi (Perguruan Tinggi)
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:38
Last Modified: 06 Apr 2023 03:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26334

Actions (login required)

View Item View Item