PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 106 PALEMBANG

Aulia, Mutiara Assyifa (2023) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 106 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SIFA.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SIFA.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya media video animasi di SD Negeri 106 Palembang, 2) mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya media video animasi di SD Negeri 106 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 66 peserta didik dari 2 kelas yaitu kelas IV A dan kelas IV C. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu pada kelas IV A sebanyak 30 peserta didik, sedangkan pada kelas IV C sebanyak 33 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji T. hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) hasil belajar di kelas kontrol pada pre – test terdapat 5 peserta didik yang mendapatkan nilai tertinggi, 20 peserta didik mendapatkan nilai terendah, dan 8 peserta didik mendapatkan nilai standar. Sedangkan pada post – test terdapat 11 peserta didik mendapatkan nilai tertinggi, 9 peserta didik mendapatkan nilai terendah, dan 12 peserta didik mendapatkan nilai standar. 2) hasil belajar di kelas eksperimen pada pre –test terdapat 9 peserta didik yang mendapatkan nilai tertinggi, 9 peserta didik mendapatkan nilai terendah, dan 12 peserta didik mendapatkan nilai standar. Sedangkan, pada post – test terdapat 19 peserta didik mendapatkan nilai tertinggi, 2 peserta didik mendapatkan nilai terendah, dan 9 peserta didik mendapatkan nilai standar. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus independent sample t-test menunjukkan bahwa Ha di terima dikarenakan nilai sig < 0,05 yaitu 0,008 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 106 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MUTIARA ASSYIFA AULIA 1910201003
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:28
Last Modified: 14 Apr 2023 02:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26749

Actions (login required)

View Item View Item