Analisis Rasch Model Pada Motivasi Mahasiswa Melalui Implementasi E-learning Berbasis Schoology

HARTATIANA, HARTATIANA (2020) Analisis Rasch Model Pada Motivasi Mahasiswa Melalui Implementasi E-learning Berbasis Schoology. JPM RAFAH; Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2). pp. 162-169. ISSN p.2460-8718, e.2460-8726

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei, yang memberi gambaran secara komprehensif motivasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika melalui pemanfaatan e-learning berbasis schoology. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang mahasiswa yang dipilih dengan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang dianalisis dengan rasch model. Dari hasil analisis dengan rasch model diperoleh kesimpulan bahwa pernyataan/aitem memiliki reliabilitas 0,93 artinya kualitas aitem-aitem dalam penelitian ini baik. Selain itu realibilitas responden terhadap aitem sebesar 0,89. Hal ini menunjukkan bahwa responden memiliki konsistensi yang baik dalam menjawab kuesioner. Selain itu, nilai cronbach alpha untuk aitem sebesar 0,89 ini menunjukkan bahwa interaksi antara responden dan aitem baik. Rata-rata logit responden sebesar 2,29 menunjukkan responden cenderung memiliki motivasi yang baik.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Apr 2023 05:04
Last Modified: 18 Apr 2023 05:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26936

Actions (login required)

View Item View Item