Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Aritmatika

HARTATIANA, HARTATIANA and Handayani, Tuti and Muslimahayati, Muslimahayati (2020) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Aritmatika. PHI; Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2). pp. 160-168. ISSN e.2598-0661

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret aritmatika dan untuk mengetahui faktor internal penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret aritmatika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa. Data penelitian diperoleh dari tes tertulis, angket dan wawancara. Analisis data pada penelitian adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknis dan kesalahan penarikan kesimpulan. Adapun penyebab kesalahan tersebut adalah karena kurangnya minat siswa dan kurangnya intelegensi siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret aritmatika.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Apr 2023 05:22
Last Modified: 18 Apr 2023 05:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26940

Actions (login required)

View Item View Item