Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa

HARTATIANA, HARTATIANA and Bella, Shinta and Jayanti, Etrie (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa. AL 'ILMI; Jurnal Pendidikan MIPA, 11 (2). pp. 20-24. ISSN p.2337-3083, e.2615-4013

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran discovery learning pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa. Bentuk desain penelitian yang digunakan yaitu post test only control design. Penelitian ini dilakukan di salah satu Madrasah Aliyah Swasta di Kota Palembang, dimana siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Jumlah siswa masing-masing baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen berjumlah 32 siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa hasil Sig.(2-Tailed) < 0,05 yaitu 0,002 sehingga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa kelas XI di salah satu Madrasah Swasta di Kota Palembang.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:46
Last Modified: 18 Apr 2023 06:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26953

Actions (login required)

View Item View Item