Al-Ghifari, Ammar Binanda (2022) PERAN MADRASAH AL-ISHLAH DI KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
cover skripsi ammar binanda.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak ammar binanda.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Text
Bab 1 skripsi Ammar Binanda.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
Bab 2 skripsi ammar binanda.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
Bab 3 skripsi ammar binanda.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 4 skripsi ammar binanda.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) | Request a copy |
||
|
Text
Daftar pustaka skripsi ammar binanda.pdf Download (264kB) | Preview |
Abstract
Pesantren adalah suatu lembaga pendidikan berbasis islam yang memiliki peran dalam memajukan pola pikir, tingkah laku, akhlak dan juga perekonomian untuk kedepannya terjun dalam kehidupan bermasyarakat, hal ini mendorong penelitian tentang peran Pondok Pesantren Al-Ishlah di Tulung Selapan terkhususnya masyarakat sekitar Pondok Pesantren. Penelitian ini menggunakan teori analisis historis karena didalamnya mencakup pembahasan tentang asal mula berdirinya Pondok Pesantren Al-Ishlah serta perannya dalam memajukan taraf kehidupan masyarakat sekitar Pondok, suatu kejadian di masa lampau yang memiliki campur tangan manusia dapat dikatakan sebagai sejarah karena dapat diidentifikasi melalui tulisan maupun lisan. Metode penelitian didalam skripsi ini menggunakan metode sejarah karena diperlukannya peneliti untuk mengumpulkan data lalu mengevaluasinya yang kemudian mendapatkan kesimpulan yang akurat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Pondok Pesantren Al-Ishlah merupakan pilar utama dalam memajukan sistem pendidikan berbasis Islami di Kecamatan Tulung Selapan, yayasan ini mampu membuktikan eksistensinya dalam membimbing pendidikan Islami dengan banyaknya masyarakat menyekolahkannya anaknya di Pondok Pesantren Al-Ishlah. Masyarakat sekitar pun diundang dalam berbagai kegiatan maupun acara yang bersifat terbuka di dalam lingkungan Pondok Pesantren, para pendidik atau ustadz sering diundang untuk melaksanakan kegiatan keagamaan di luar Pondok Pesantren, serta membantu perekonomian masyarakat dengan hadirnya Pondok Pesantren Al- Ishlah ini. Kata Kunci: Madrasah Al-Ishlah, Sejarah, Peran, Kecamatan Tulung Selapan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Madrasah Al-Ishlah, Sejarah, Peran, Kecamatan Tulung Selapan. |
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Sekolah dan agama Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > 80230 - Sejarah Peradaban Islam (S1) |
Depositing User: | AMMAR BINANDA AL-GHIFARI 1720402012 |
Date Deposited: | 03 May 2023 01:21 |
Last Modified: | 03 May 2023 01:21 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27009 |
Actions (login required)
View Item |