SAKNI, TAUFIK (2022) ANALISIS PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SAINS DALAM CHARACTER BUILDING PESERTA DIDIK. AL-HIKMAH; Jurnal Pendidikan, 10 (10). pp. 21-33. ISSN p.2406-9590
|
Text
JURNAL_TAUFIK_SAKNI(ANALISIS_PERAN_PENDIDIKAN_AGAMA_ISLAM_DAN_SAINS_DALAM_CHARACTER_BUILDING_PESERTA_DIDIK)[1].pdf Download (784kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, penelitian serta pelatihan, baik pendidikan agama maupun sains. Pendidikan agama Islam dan sains turut berperan dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis jenis metode yang efektif pada peran pendidikan agama Islam dan sains dalam membentuk karakter peserta didik. Dalam pembelajaran, ketetapan pemilihan metode yang digunakan sangat diperlukan. Pendidikan agama Islam dan sains merupakan pelajaran yang berbeda coraknya sehingga sebagai pendidik memerlukan kreatifitas dalam menyampaikan materi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode literature review untuk menjadi bahan rujukan jenis metode yang efektif digunakan dalam analisis peran pendidikan agama dan sains dalam membentuk character building peserta didik. Jenis metode yang efektif yang bisa digunakan pendidik dalam peranan melalui Pendidikan agama Islam dan sains dalam pembentukan character building tersebut adalah mix method, yakni metode ploblem solving, metode inquiry dan metode Discovery.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 03 May 2023 02:04 |
Last Modified: | 03 May 2023 02:04 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27057 |
Actions (login required)
View Item |