Arda, Adelia (2022) Penerapan model utaut 2 dalam penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran siswa (studi kasus: sma xaverius 1 palembang). Undergraduate Thesis thesis, uin raden fatah palembang.
Text
3c4a7a0eedf1d7e03452a756cb271346-halaman-1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
3c4a7a0eedf1d7e03452a756cb271346-halaman-5.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
3c4a7a0eedf1d7e03452a756cb271346-halaman-118-119 (1).pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
3c4a7a0eedf1d7e03452a756cb271346-halaman-118-119.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
1-5 bgt.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
SMA Xaverius 1 Palembang merupakan sekolah menengah atas swasta yang telah menerapkan e-learning sejak tahun 2015. E-learning digunakan sebagai media pembelajaran siswa namun kendala yang sering terjadi adalah dalam proses penggunaannya seperti kurangnya kesadaran guru dan siswa dalam menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran. dari segi indikator ekspektasi kinerja bahwa guru dan siswa belum terbantu dengan adanya sistem elearning sebagai kinerja dalam proses belajar mengajar. Dari segi indikator ekspektasi usaha bahwa guru dan siswa masih kesulitan dalam menggunakan sistem e-learning sebagai media proses pembelajaran. Dari segi indikator pengaruh sosial bahwa dari pihak lingkungan maupun guru masih kurangnya kesadaran untuk menggunakan e-learning sehingga siswa belum terlalu mendapatkan dukungan dari pihak lingkungan untuk menggunakan e-learning. Dari segi indikator kondisi fasilitas bahwa fasilitas dari sekolah masih belum terjangkau seperti adanya wifi untuk mengakses cepat e-elarning. Dari segi indikator motivasi hedonis bahwa guru dan siswa belum terbiasa dalam menggunakan sistem e-learning sehingga guru dan siswa kurangnya ketertarikan untuk menggunakannya. Maka perlu dilakukan penelitian penerapan model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 (UTAUT 2) dalam penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas dan motivasi hedonis berpengaruh pada niat perilaku, dan juga apakah variabel kondisi fasilitas, dan niat perilaku berpengaruh terhadap perilaku menggunakan pada penggunaan e-learning. Untuk mengetahui penggunaan elearning penelitian menggunakan variabel utama serta variabel moderasi umur, jenis kelamin. Data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner kepada responden 276 berupa guru dan siswa sebagai pengguna e-learning dan SPSS versi 25 untuk mengolah data. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel model UTAUT 2 sangat berpengaruh terhadap niat perilaku, dari hasil analisis regresi sederhana variabel pengaruh sosial terhadap niat perilaku berpengaruh besar secara sginifikan sebesar 14,032. Sedangkan dari hasil analisis regresi moderasi yang paling berpengaruh besar adalah variabel motivasi hedonis berpengaruh terhadap niat perilaku dimoderasi umur sebesar 81,220. Dari hasil keseluruhan perhitungan tingkat penggunaan e-learning adalah 81,21%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : E-Learning, Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 (UTAUT 2) |
Subjects: | 600 Teknologi > Teknologi (umum), Ilmu Terapan 600 Teknologi > Teknologi (umum), Ilmu Terapan > T201 Patents. Trademarks |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 57201 - Sistem Informasi |
Depositing User: | ADELIA ARDA 1655400004 |
Date Deposited: | 10 May 2023 02:14 |
Last Modified: | 10 May 2023 02:14 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27159 |
Actions (login required)
View Item |